Technology

Langit Musik Targetkan 3 Juta Pengunduh Tahun Ini

Langit Musik Targetkan 3 Juta Pengunduh Tahun Ini
musixmaxx

Sejak diluncurkan 10 Januari 2010 LangitMusik terus melakukan perbaikan. Dengan tujuan memajukan musik nasional, layanan untuk mengunduh musik dan streaming lagu secara legal milik Telkomsel ini, pada Senin (31/10) menghadirkan MusicMax. Ini merupakan paket bundling musik digital dan data khusus untuk mengakses aplikasi musik populer bagi pelanggan kartu Halo, Simpati, Kartu As dan Loop. Selain itu Telkomsel juga menggandeng beberapa aplikasi musik lain seperti Guevera, Smule, Joox dan dua radio yang memiliki streaming musik digital (Prambors dan Gen FM).

Senior Vice President Consumer Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani, mengatakan, hadirnya MusicMax menjawab kebutuhan pelanggan agar lebih maksimal dalam menikmati musik sepuasnya. “Paket MusicMax lahir dari pengembangan LangitMusik dan diperkuat kolaborasi dengan para mitra strategis yang menjadikan paket ini sebagai layanan musik digital terbaik dan terlengkap. Ini adalah bukti komitmen Telkomsel untuk menyediakan ragam alternatif layanan hiburan digital terbaik sesuai kebutuhan pelanggan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan menggandeng mitra layanan musik lain Telkomsel ingin memberikan opsi yang menarik dan berkualitas bagus pada pelanggannya. “Kami terus meng-upgrade LangitMusik, disandingkan dengan yang lain justru menguntungkan pelanggan, mereka jadi pilihan. Tujuan Telkomsel kan untuk menggairahkan industri musik Indonesia,” tuturnya. Memang pada akhirnya itu diserahkan pada pilihan pelanggan, apakah akan memilih LangitMusik, Guevera, Smule, Joox atau dua radio itu untuk mendengarkan musik dengan paket data menarik dari MusicMaxx.

Ririn berharap disandingkan LangitMusik dengan aplikasi musik kelas internasional, akan memacu diri untuk terus lebih baik. Saat ini aplikasi LangitMusik telah diunduh 500 ribu pengguna, memang masih jauh dari pencapaian Joox yang hingga Mei telah diunduh oleh 2 juta pengguna. Terlebih baru 30 persen pengunduh LangitMusik itu yang benar-benar pengguna aktif. “LangitMusik masih jauh tapi kami yakin dengan terus pengembangan, pada akhir tahun ini kami akan mencapai 3 juta pengunduh, apalagi katalog lagu kami terus tingkatkan, saat ini sudah ada 4 juta lagu di LangitMusik,” katanya. Tiap pengguna aktif setidaknya mengunakan 2-3 jam per hari dalam menikmati LangitMusik

Ririn menolak menyebutkan bagaimana skema bisnis dari partnership ini dengan aplikasi-aplikasi musik lain itu. “Durasi kerjasama tidak ada, pokoknya pelanggan senang menikmati musik,” ujarnya. Ia pun tidak takut langkah ini akan terjadi kanibalisasi pada layanan LangitMusik, karena aplikasi ini ada rencana pengembangan yang lebih bagus lagi ke depan. Sayang ia pun menolak menyampaikan secara rinci hal itu.

Dengan pakai MusicMaxx ini pelanggan akan lebih irit menggunakan paket data, dengan paket 2 Gb itu, LangitMusik hanya memakan data dibawah 100 mb per bulan. “Kekhawatiran pengguna menggunakan secara aktif LangitMusik, menunggu ada wifi dulu, karena takut datanya termakan banyak. Tapi dengan paket ini mereka akan lebih irit,” ujarnya.

Untuk menikmati paket MusicMax, pelanggan dapat mengakses aplikasi My Telkomsel, lalu pada menu “Pilih Paket” pilih “Entertainment”, selanjutnya pilih “MusicMax”. Pelanggan juga dapat menghubungi menu akses *363#, lalu pilih “MusicMax”. Paket MusicMax memberikan kuota music streaming hingga 2 GB untuk mengakses aplikasi LangitMusik Premium, Joox, Smule, Guvera, Prambors FM, dan Gen FM dengan harga mulai dari Rp 6.000 perminggu dan Rp 20 ribu per bulan. Tersedia juga paket premium yang menyediakan fasilitas Joox VIP, di mana pelanggan bisa menikmati koleksi lagu terlengkap beserta lirik dan fitur menarik lainnya di aplikasi Joox dengan kuota sebesar 1 GB seharga Rp 49 ribu per bulan.

Aplikasi LangitMusik terbaru menyediakan beragam fitur menarik agar pelanggan semakin menikmati asyiknya online music streaming. Fitur Dolby Audio membuat jutaan lagu favorit bisa didengarkan dengan kualitas yang sangat baik. Pelanggan juga bisa menyusun playlist sesuai jenis musik yang disukai dan sesuai mood, bahkan berbagi playlist tersebut dengan pengguna LangitMusik lainnya. LangitMusik versi baru juga telah dilengkapi dengan lirik.

Sementara itu, Joox yang menjadi salah satu mitra strategis dalam paket MusicMax merupakan aplikasi dan layanan music streaming yang dikembangkan Tencent Holdings Limited, penyedia value added services terkemuka di Tiongkok. “Dalam waktu kurang dari setahun setelah peluncuran, Joox telah menjadi salah satu layanan music streaming paling populer di Indonesia. Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar dan kami melihat ada peningkatan tren untuk mendengarkan musik melalui mobile device. Dengan dukungan Telkomsel, kami yakin pengguna dapat dengan mudah menikmati streaming lagu-lagu favorit mereka di mobile device kapan pun dan di mana pun,” kata Benny Ho, Senior Direktur Pengembangan Bisnis Tencent.

Saat ini ada lebih dari 17 juta pelanggan Telkomsel yang menikmati layanan musik digital. Sekitar 90% di antaranya mendengarkan lagu favorit secara streaming untuk memenuhi kebutuhan digital entertainment lifestyle mereka. Kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan musik digital didukung jaringan berkualitas dengan lebih dari 124.000 base transceiver station (BTS), termasuk lebih dari 5.200 eNode B (BTS 4G), yang tersebar di seluruh Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved