Lenovo Kenalkan Solusi Smart Digital Classroom Management bagi Sektor Pendidikan

Setelah meluncurkan smartphone P70 terbarunya, kini Lenovo memperkenalkan sebuah tool pembelajaran yang efektif bagi sektor pendidikan di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Irene Santosa, SMB Director Lenovo Indonesia, dalam peluncuran seri pertama Lenovo Think Forward 2015 di Le Meridien Jakarta. Irene menjelaskan dari rangkaian Lenovo 'Solution day for Education' yang ditujukan untuk universitas-universitas di Indonesia menunjukkan komitmen  Lenovo pada sektor pendidikan di Indonesia.

IMG00672-20150311-1146

Menurut Azis Wonosari, Technical Manager Lenovo, dengan menggunakan classroom management software, guru/dosen mendapat banyak kemudahan. Di antaranya: guru dapat berkolaborasi dengan murid, berinteraksi langsung dan dapat memonitor aktifitas murid di kelas.

"Solusi smart digital classroom management ini juga dapat diakses lewat cloud, yang memudahkan mahasiswa dapat terus berinteraksi dengan para dosen dan civitas akademika lain di luar lingkungan kampus atau kelas," jelas Azis.

Solusi Smart Digital Classroom Management dari Lenovo ini didukung oleh berbagai mitra bisnis yang meliputi Intel Indonesia Corporation, Microsoft Indonesia dan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM). Selain itu, perangkat lunak yang terintregasi dalam PC Lenovo dengan prosesor Intel dan sistem operasi Microsoft Windows ini pula dapat diakses di berbagai multi platform, seperti Andriod (tablet) dan iOS.

Tawaran tools dari Lenovo ini diklaim dapat memfokuskan proses pembelajaran di dunia pendidikan. Di antaranya; dapat memudahkan dosen untuk menampilkan layar dan memperdengarkan audio PC dosen pada PC mahasiswanya, memberi dukungan pada mahasiswa lewat remote control dan chat, menyediakan audio dan chat di laboratorium bahasa dan menyelenggarakan ujian secara online.

"Saat dosen mengetahui mahasiswanya tidak memperhatikan pelajaran, maka dosen dapat mengingatkan mahasiswanya dengan menampilkan layar kosong di PC mahasiswa atau menampilkan pesan khusus atau mengunci keyboard dan mouse mahasiswa," tambah Azis

Untuk mendapatkan perangkat lunak dari Lenovo ini tidak mahal. Hanya dengan uang di bawah US$ 50, civitas akademika dapat membeli lisensi dari Lenovo dari partner penjualan Lenovo. Adapun untuk pelatihan atau implementasi dari software tersebut bisa menggunakan jasa partner Lenovo atau mengikuti sekolah online tentang tata cara penggunaan Solusi Smart Digital Classroom Management ini. Selain lisensi, user juga dapat membeli software support yang dapat disesuikan dengan kebutuhan.

“Karena software ini bisa dipesan secara customized yang dapat diakses mencapai 3000 pengguna dan disesuaikan dengan kebutuhan dari sekolah atau lembaga pendidikan tersebut,” tambah Azis. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)