LINE Ungguli WhatsApp di Indonesia

Kegemaran orang Indonesia dalam bersosialisasi melalui aplikasi digital membawa hoki besar bagi LINE. Aplikasi chatting ini, baru saja menggeser WhatsApp sebagai aplikasi mobile messenger nomor satu di Android Market pekan lalu. Sedangkan LINE Play hingga kini masih menempati peringkat pertama di Apple Store.

Simeon Cho, General Manager NHN LINE, mengakatan, dalam hal potensi, Indonesia merupakan pasar yang sangat penting. Setiap kali ia mengunjungi Indonesia untuk kerja sama dengan pihak lokal, dia melihat bahwa kehadiran LINE telah meningkat dengan pesat dan LINE cukup memberikan pengaruh pada gaya hidup masyarakat Indonesia. “Kami akan terus memberikan pengalaman mobile yang terbaik dengan menawarkan fitur yang lebih menyenangkan dan dinamis sehingga pengguna di Indonesia dapat merasakan serunya berkomunikasi, berbagi dan bermain dengan teman atau keluarga mereka.” ujarnya.

Sementara itu, Aulia Masna, pemerhati industri teknologi informasi yang juga aktif sebagai salah satu blogger, menuturkan, meski dirinya tidak sering menggunakan aplikasi messaging, ia melihat bagaimana orang-orang dapat begitu tergantung pada aplikasi itu untuk keperluan komunikasi bisnis maupun personal. Aplikasi-aplikasi seperti ini menurutnya, memfasilitasi komunikasi yang lebih cepat dan efisien dibandingkan cara-cara tradisional seperti SMS dan panggilan telepon.”

“Yang dibutuhkan industri adalah lebih banyak ruang untuk inovasi mobile agar lebih banyak platform messaging sebagai akibat dari berubahnya personal computing dan alat-alat komunikasi melalui ponsel pintar dan tablet, “pungkas Aulia yang juga adalah chief editor dari DailySocial.

Untuk tahun ini , arah dari pemasaran LINE menyasar pada kedekatan dengan kondisi lokal di Indonesia, yang sekaligus menunjukkan komitmen LINE untuk pasar Indonesia. Di awal tahun 2013 ini, iklan TV untuk LINE dibintangi oleh selebriti lokal, dan ini dilakukan hanya untuk pasar Indonesia

LINE menunjuk Maudy Ayunda sebagai Official Exclusive Talent sekaligus memulai kegiatan pemasaran dalam skala besar. Afgan Syahreza juga dikenal sebagai penggemar berat LINE dan banyak komentar positi seputar penggunaan LINE. Selain kegiatan pemasaran dengan menggunakan selebriti, LINE pun telah menarik banyak merek global untuk bekerjasama. Dengan Samsung Electronics, LINE baru-baru ini memulai kegiatan promosi dalam skala besar.

Pertambahan jumlah pengguna baru LINE setiap hari telah bertumbuh sebesar 10 kali lipat sejak November 2012 lalu dan selama minggu lalu. Hal itu diklaim karena kegiatan pemasaran yang agresif. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)