Lintasarta Sea Star, Solusi Komunikasi untuk Industri Migas

Sektor industri minyak dan gas (migas) nasional menghadapi tantangan yang besar tahun 2014 ini. Kendala seperti usia lapangan-lapangan minyak yang relatif tua, dengan cadangan minyak yang sudah semakin menipis menjadi permasalahan yang harus dihadapi para pelaku usaha di sektor migas.

Di tengah tantangan tersebut, tetap disertai dengan optimisme dengan target realisasi investasi yang mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama dengan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) menargetkan realisasi investasi migas tahun 2014 sebesar US$ 25,64 miliar.

Lintasarta

Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 32% dibandingkan dengan realisasi investasi tahun 2013 yang sebesar US$ 19,342 miliar. Realisasi investasi juga turut mengalami kenaikan setiap tahunnya mulai dari capaian realisasi tahun 2010 yang sebesar US$ 11,031 miliar.

Realisasi investasi migas ini juga diharapkan mampu  mendorong capaian target lifting minyak sebesar 870.000 barel per hari dan lifting gas bumi sebesar 7.175 juta british thermal unit per hari (bBtud). Target tersebut sesuai dengan APBN 2014.

Tantangan serta optimisme dunia industri migas perlu mendapatkan dukungan dengan solusi layanan IT untuk mewujudkan efisiensi kinerja perusahaan. Melalui efisiensi kinerja ini maka capaian produksi serta pendapatan perusahaan akan dapat dimaksimalkan.

Data terkait kegiatan eksplorasi dan eksploitasi dibutuhkan secara real time  termasuk akses langsung ke kantor pusat maupun badan pengawas perwakilan pemerintah di sektor migas. Lokasi ekplorasi dan eksploitasi yang mengarah ke wilayah terpencil seperti lautan nasional tentunya juga menjadi tantangan tersendiri.

PT Aplikanusa Lintasarta sebagai perusahaan IT Services yang telah memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun memastikan kemudahan dan kenyamanan pelaku usaha sektor migas dalam menjalankan aktivitasnnya. Lintasarta secara resmi meluncurkan sebuah solusi bisnis berupa layanan komunikasi satelit kepada para pelaku di industri migas serta pertambangan nasional.

Lintasarta2

Peluncuran solusi baru ini hadir dalam bentuk produk layanan Lintasarta Sea Star dan secara resmi diluncurkan pada Rabu (2/4) di warehouse and training center Lintasarta, Komplek Taman Tekno, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten.

Lintasarta Sea Star  dengan tagline Your Reliable Mobile Connection on The Sea merupakan komunikasi satelit yang dilengkapi dengan fitur auto-tracking yang dapat stay-tuned kepada satelit yang sedang digunakan walaupun dalam kondisi bergerak.

“Lintasarta Sea Star menggunakan frekuensi C-Band dengan diameter antena 2.4 meter yang dilindungi dengan kubah radar (radome) berbahan fiber dan mampu bertahan lebih dari 5 tahun di segala kondisi cuaca,” kata Herry Waldi Wilmar, General Manager Commerce Lintasarta.

Herry menjelaskan, layanan ini bekerja dengan baik untuk area kerja sektor migas dan pertambangan yang berada di lautan seperti floating rig dan kapal. Melalui Lintasarta Sea Star, pelanggan juga dapat memaksimalkan penggunaan banyak jenis komunikasi seperti data, voice, termasuk video tanpa terputus.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Lintasarta Sea Star tersedia dalam dua paket layanan yaitu Sea Star Advance Private dan Sea Star Advance Teleport.

Lintasarta Sea Star Advance Private adalah koneksi data dengan konfigurasi site-to-land dengan lokasi tujuan langsung di kantor pelanggan. Kecepatan data yang tersedia mulai dari 64 Kilobyte per second (Kbps) hingga 1 Megabyte per second (Mbps).

Sementara itu, Lintasarta Sea Star Advance Teleport adalah koneksi data dengan konfigurasi site-to-land yang melalui hub stasion Lintasarta Jatiluhur. Koneksi tersebut kemudian di teruskan ke kantor pusat pelanggan  menggunakan jaringan fiber optic Lintasarta. Kecepatan data yang tersedia mulai dari 64 Kbps hingga 2 Mbps.

Lintasarta juga memberikan jaminan kenyamanan dengan layanan maksimal melalui Service Level Availability (SLA) hingga 99,5%. Serta, keberadaan lokasi sales support di tujuh kota besar yaitu Medan, Duri, Jakarta, Balikpapan, Surabaya, Makassar, dan Jayapura. (EVA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)