Luncurkan HP StoreOnce Backup B6200, HP Perkuat Pasar Storage

Mengutip data International Data Corporation, tahun ini belanja IT Indonesia di bidang storage akan tumbuh 7,5%. Tampaknya divisi storage Hewlett-Packard (HP) Indonesia masih memberi kontribusi signifikan dalam pasar storage dengan hadirnya HP StoreOnce Backup B6200. Dengan kecepatan mencapai 100 TeraByte per jam, HP StoreOnce Backup menembus pasar storage Indonesia.

Diluncurkan di Las Vegas 4 Juni 2012 lalu, HP StoreOnce Backup B6200 akhirnya menyemarakkan pasar storage Indonesia. Mengandalkan arsitektur konvergen ala HP Converged Infrastructure, HP StoreOnce Backup B6200 mampu scale-out untuk kapasitas tak terbatas. Dengan perangkat lunak HP StoreOnce Catalyst, HP StoreOnce Backup B6200 dapat melakukan pemulihan sistem hanya dalam satu hari. Biasanya aktifitas tersebut memakan waktu hingga satu minggu.Teknologi ini juga memungkinkan korporasi mengalihkan dan mengintegrasi penyimpanan tradisional ke infrastruktur TI yang lebih fleksibel.

Teknologi storage korporasi sekarang dengan 20 tahun lalu sangat berbeda. Tapi sebetulnya arsitekturnya sama, dikembangkan dengan teknologi mainframe,” papar Eril Pasaribu,  Direktur Storage Business Enterprise HP Indonesia, dalam diskusi media beberapa hari lalu. Padahal, menurut Eril tantangan korporasi saat ini sudah jauh lebih rumit dengan adanya cloud, tingginya mobilitas dan kebutuhan big data. Oleh karena itu HP StoreOnce Backup B6200 pun meninggalkan teknik backup ke tape menjadi ke hardisk. HP StoreOnce mendefinisikan ulang data deduplication.

Apabila ada data yang sama saat backup, ia tidak lagi menduplikasi data tersebut melainkan memunculkan pointer untuk mengakses data tersebut. Dengan peningkatan performa scale-out dan kapasitas, HP mengklaim teknologi ini sebagai Deduplication 2.0, selangkah lebih maju dari deduplication tiga tahun lalu. Imbasnya, fleksibilitas meningkat, klien dapat mengoptimalkan proses backup, menghilangkan sumber daya yang terbuang, mengurangi biaya bandwidth jaringan, serta meningkatkan throughput cadangan.

Rencananya HP StoreOnce Backup B6200 akan diperkenalkan pada korporasi besar. Mereka memang sengaja menyasar korporasi besar dengan pertumbuhan data yang besar seperti industri telekomunikasi dan perbankan. Untuk HP StoreOnce B6200 Backup 48TB, harga yang dipatok mulai US$ 250.000. “Secara global, size HP StoreOnce sekarang US$ 5 miliar menurut IDC,” Eril menjelaskan. Di Indonesia sendiri HP StoreOnce Backup masih harus berkompetisi dengan IBM. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)