Technology

Majukan UKM, Telkom Luncurkan SME Indonesia BISA

Oleh Admin
Majukan UKM, Telkom Luncurkan SME Indonesia BISA

Tahun lalu PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) telah mewujudkan komitmennya untuk mengembangkan UKM melalui program Indonesia Digital Entrepreneur (IndiPreneur), yakni program pengembangan terhadap 100.000 UKM se-Indonesia.

Dan memasuki tahun 2014, Telkom kembali meluncurkan program untuk lebih fokus menggarap sektor UKM melalui tiga revenue driver, yakni Small Office Home Office (SOHO), Business Solution for Community (BSC), dan Digital Media Solutions. Terkait BSC, Telkom meluncurkan program SME Indonesia Bisa (SIB) guna meningkatkan kompetensi dan nilai kompetitif UKM di Indonesia melalui pemanfaatan Information & Communication Technology (ICT).

telkom saham

Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise & Business Service Telkom, mengatakan, Telkom meluncurkan program SIB, program pengelolaan 100 Sentra UKM di seluruh Indonesia melalui penyedia solusi ICT secara mudah, murah, dan bermanfaat. Program ini telah diawali sebelumnya melalui pilot project secara terbatas pada tahun 2013 dengan menggarap 20 Sentra UKM di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Serang, dan Karawang, dan kini akan diperluas ke seluruh Indonesia.

“Telkom semakin fokus dalam menggarap pasar bisnis UKM. Target kami 500.000 pelaku UKM bergabung di tahun 2014 ini dalam program IndiPreneur,” terang Awaluddin, saat acara peluncuran program SME Indonesia Bisa, di Jakarta, Senin (6/1/2014).

Yang mendasari diluncurkannya program SIB adalah keinginan Telkom mendukung program pemerintah dan pelaku UKM Indonesia untuk melaksanakan modernisasi dan meningkatkan kompetensi UKM Indonesia. “Kami meyakini bahwa dengan memanfaatkan ICT, UKM semakin produktif, inovatif, dan kreatif sehingga akan memiliki daya saing dalam menghadapi globalisasi, serta meningkatkan kontribusi UKM dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia,” imbuhnya.

Awaluddin menuturkan, dalam melakukan pemasaran produk di lokasi SIB, Telkom menerapkan strategi Paradox Marketing berupa More For Less. Pelanggan UKM mendapatkan layanan ICT yang lebih komprehensif dan lebih baik, namun dengan harga yang lebih kompetitif. Dari 100 sentra UKM yang terpilih, diharapkan 70% UKM dapat menikmati layanan berbasis suara dan SMS (selular Telkomsel), serta 30% memanfaatkan aplikasi (perangkat keras dan lunak).

Tahun ini, Telkom menargetkan 500.000 UKM dan diharapkan dapat menjadi 1 juta UKM di tahun 2015. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan insentif kepada UKM untuk mempromosikan UKM dan produknya melalui directory service www.smartbisnis.co.id termasuk pembuatan situs mudah secara gratis. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved