Mantan Sopir Antar Jemput Ini Pengusaha Tekfin

Raden Aldi Ferdian, dulu supir, kini pengusaha tekfin. (Foto : Arsip Aldi)

Raden Aldi Ferdian ketika berusia 17 tahun berprofesi sebagai supir antar jemput pelajar SD. Dia juga pernah bekerja sebagai pramuniaga salah satu waralaba restoran cepat saji ternama di Bandung, Jawa Barat. Pria kelahiran Bandung pada 11 Desember 1979 itu pernah mencicipi pekerjaan sebagai penyelia hiburan di Fame Station Cafe, Bandung.

Ia meninggalkan pekerjaaan itu karena ingin merampungkan kuliahnya di jurusan Teknik Industri Universitas Pasundan, Bandung. Kini, pria yang akrab disapa Aldi itu menjadi pengusaha muda yang sukses di berbagai bidang bisnis, antara lain mendirikan perusahaan peer to peer lending bernama Danaprospera.

Ceritanya begini. Seterlah menyelesaikan kuliah di Universitas Pasundan itu, Aldi bekerja di industri perbankan. Posisi yang pernah dilakoninya bermacam-macam, yaitu sebagai tenaga pemasaran di Bank Standard Chartered, Relationship Officer di Bank Permata Kencana, Relationship Manager di Bank CIMB Niaga, atau berkarier di Bank UOB, Jakarta. Aldi melepaskan kariernya di dunia perbankan lantaran ingin mencari tantangan baru dan memutuskan pindah kuadran menjadi pengusaha. Bisnis perdana yang dibangunnya adalah rumah produksi Vizwerk (Production House Vizwerk)

Pengalaman Aldi di perbankan diaplikasikan di perusahaanya. Ia mendirikan Koperasi Dana Usaha. "Di Koperasi Dana Usaha ini karyawan atau nasabah bisa mendapatkan pinjaman untuk pembiayaan usaha mereka," jelas Aldi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jum’at (11/5/2018).

Koperasi itu menopang kelancaran bisnis Aldi. Lalu, dia mendirikan kelompok usaha Cakradara. Berbagai bidang usaha Grup Cakradara ini mencakup biro jasa perjalanan bernama Travella Tour, Kampung n’De, hingga perkebunan yang berada di bawah bendera CDM Fram yang memiliki lahan perkebunan seluas 10 ha di Cianjur, Jawa Barat. Pencapaian yang diraih Aldi terus dikembangkan lebih lanjut. Inovasi dan kreatifitas usaha ditonjolkan Aldi agar meningkatkan daya saing usahanya.

Selain itu, dia meyakini kesuksesanya saat ini tidak lepas dari dukungan dan doa orang lain. "Saya sadar, saya harus mulai membantu dan berbagi pada mereka yang membutuhkan," terangnya. Aldi pun mendukung perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang kerapkali kesulitan mendapatkan akses permodalan dalam mengembangkan usaha.

Karena itu Aldi bersama koleganya mengembangkan platform teknologi finansial (tekfin) Danaprospera di bawah naungan Koperasi Cakradhara Dana Mandiri untuk menyalurkan modal bagi UMKM. Selain itu, Danaprospera juga memberikan edukasi kepada UKM yang menjadi mitra sehingga mereka bisa berkembang dengan memanfaatkan potensi yang ada.

Kehadiran Danaprospera yang berbasis koperasi juga membutktikan bahwa koperasi sebagai ujung tombak membangun kemandirian ekonomi bangsa mulai berkembang dalam pola tekfin yang dikelola secara digital. Model bisnis adalah menjembatani kebutuhan modal para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dengan investor individual.

Dengan sistem yang ditawarkan, Aldi berharap impiannya untuk membantu pengembangan UKM bisa diikuti masyarakat luas yang memiliki kepedulian dan mimpi yang sama. "Sehingga masyarakat bisa menginvestasikan dana mereka untuk kemajuan UKM secara aman, efektif dan prospektif melalui Danaprospera," papar Aldi.

Bukan hanya UKM, Danaprosera juga memiliki beberapa mitra sosial yang  menyalurkan dana bantuan untuk berbagai kegiatan. Seperti Yayasan Sujud Indonesia dan Yayasan Jala Samudra Mandiri. Belakangan, Aldi pun berkeinginan untuk membagikan kisah pergulatannya dalam membangun bisnis. Perjalanan karir dan bisnis Aldi Ferdian diceritakan dalam sebuah buku yang berjudul “Sukses Bisnis Dalam 7 Hari”. Selain perjalanan dalam menggapai mimpi, buku 100 halaman ini juga berisi berbagai langkah dan ilmu yang sudah dipraktekkan Aldi sehingga bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang. "Intinya dalam buku ini saya mencoba untuk membangun minat usaha masyarakat dan menciptakan mindset bahwa membangun usaha itu mudah sehingga mereka bisa menggapai mimpi besarnya," tegas Aldi.

 

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!