Masyarakat Indonesia Menyukai Facebook for BlackBerry10

BlackBerry baru saja merilis informasi mengenai aplikasi yang paling banyak diunduh di wilayah Asia Pasifik pada tahun 2013. Informasi itu menunjukkan bahwa pengguna BlackBerry ternyata lebih mementingkan produktivitas dan konektivitas saat dihadapkan pada pilihan aplikasi mobile.

"Jejaring sosial sangatlah penting bagi pengguna BlackBerry yang senantiasa ingin terhubung saat bepergian dengan Facebook for BlackBerry 10 yang merupakan aplikasi paling diminati di kawasan Asia Pasifik, dan dapat ditemui di beberapa pasar mulai dari Australia sampai Jakarta," demikian disampaikan Yolanda Nainggolan, PR Manager BlackBerry Indonesia, dalam siaran pers, Jumat (31/1/2014).

WeChat for BlackberryAplikasi terpopuler kedua di kawasan Asia Pasifik adalah BlackBerry Maps yang memudahkan pengguna ketika bepergian. Aplikasi jejaring lainnya yang termasuk ke dalam daftar paling banyak diunduh antara lain, BBM, LinkedIn, Skype, WhatsApp, WeChat, dan Twitter.

Selain untuk keperluan konektivitas, pengguna BlackBerry juga mencari aplikasi yang dapat menunjang produktivitasnya. Aplikasi-aplikasi seperti Connect to Dropbox, Adobe Reader, Box, Documents To Go, Stocks for BlackBerry 10, dan Money Plus juga termasuk dalam sepuluh aplikasi teratas di kawasan.

Pada tahun 2013, pengguna BlackBerry juga berupaya untuk selalu mengikuti berita terkini dengan menggunakan aplikasi seperti BlackBerry Newsstand dan aplikasi dari outlet-outlet berita lokal utama, seperti Apple Daily, Detik, dan Times of India. Namun, hal ini tidak berarti pengguna BlackBerry hanya menggunakan ponsel pintarnya untuk keperluan pekerjaan, tapi juga untuk menikmati aplikasi permainan. Hal tersebut dapat dilihat dari dominasi aplikasi permainan berbayar, seperti Angry Birds Star Wars sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di Asia Pasifik.

Aplikasi permainan lainnya yang juga termasuk dalam daftar sepuluh aplikasi berbayar teratas, antara lain PAC-MAN, Batman: The Dark Knight Rises, Bad Piggies, dan The Amazing Spiderman. Para pengguna BlackBerry juga menjadikan PicMix for BlackBerry 10 sebagai aplikasi pilihan dalam mengedit foto yang mereka ambil menggunakan perangkat BlackBerry.

Lalu, aplikasi apa yang disukai pengguna BlackBerry di Indonesia? Masyarakat Indonesia menunjukkan kecenderungan yang tinggi untuk membuat diri mereka tetap terhibur dan santai di mana pun mereka berada. Hal ini dapat dilihat dari tingkat pembelian aplikasi-aplikasi, seperti Angry Birds Star Wars dan The Froggies Games. Masyarakat di Tanah Air juga gemar untuk terus terupdate dan tersambung dengan aplikasi jejaring sosial, seperti Facebook for BlackBerry10 dan Twitter.

Di belahan lain kawasan Asia Pasifik, pengguna BlackBerry menunjukkan karakteristik mereka dengan mengunduh pilihan unik aplikasi utama selain yang terkait dengan kategori produktivitas dan konektivitas yang digunakan sepanjang tahun. Salah satu negara di kawasan yang menjadikan aplikasi kebugaran seperti Runtastic Pro for BlackBerry 10 sebagai salah satu dari 15 aplikasi teratas yang diunduh adalah Hongkong. Demikian pula halnya pada aplikasi panduan mencari restoran OpenRice. Sementara itu, pengguna di Filipina mendominasi pengunduhan aplikasi Despicable Me: Minion Rush yang menjadi aplikasi urutan ke-14 paling banyak diunduh tahun ini.

Dengan paspor di tangan, para pengguna BlackBerry di Taiwan cukup banyak menggunakan BlackBerry Travel dalam melakukan perjalanan yang menjadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi urutan ke-14 terbanyak diunduh secara keseluruhan. Sementara itu, mereka juga menggunakan BeWeather 10 Pro sesampainya di tujuan dan menjadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi berbayar kedua terpopuler.

Di Vietnam, perangkat BlackBerry digunakan lebih dari sekedar penunjang produktivitas dimana pengguna banyak mengunduh aplikasi seperti Flashlight Free yang digunakan untuk menerangi jalan yang mereka lalui. Di Thailand, cukup banyak pengguna BlackBerry yang menggunakan StarTracker, suatu aplikasi untuk membantu menerawang rasi bintang di langit, yang menjadi salah satu dari 10 teratas aplikasi berbayar yang diunduh.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)