Memperkuat Relasi Konsumen dan Proses Bisnis di Era Digital

Aina Neva Fiati, Managing Director iSystem Asia. (Foto :Dokumen).

Keberhasilan mengusai pangsa pasar baru sering kali menjadi ukuran kesuksesan sebuah perusahaan. Padahal, ketatnya persaingan pada era digital dibutuhkan strategi yang cermat yang lebih efisien dan fokus menyuguhkan layanan berkualitas kepada pelanggan.

"Saat ini mengejar pertumbuhan bisnis dengan cara memperoleh pelanggan baru juga penuh risiko, belum tentu efisien dan belum tentu menguntungkan," tutur Aina Neva Fiati, Managing Director PT Inter Sistem Asia atau iSystem Asia, di Jakarta, Rabu (1/11/2017). Dia menyebutkan statistik menunjukkan rata-rata perusahaan Amerika Serikat menghabiskan biaya 7 kali lipat lebih banyak untuk menggaet para pelanggan baru daripada mencoba mempertahankan pelanggan. Karena itu menurut Aina, perusahaan perlu menyusun strategi di bidang layanan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) maupun mempertajam Business Process Management (BPM) atau IT solution yang cermat.

Tren pengembangan peningkatan performa layanan pelanggan di lanskap global itu juga dicermati oleh perusahaan di Indonesia. Apalagi, pertumbuhan bisnis dan pertumbuhan teknologi informasi kian pesat , serta pasar yang potensial lantaran populasi penduduk yang sangat besar. Hal ini memicu pelaku bisnis untuk menggelar BPM'online Global Tour 2017 di  The Westin, Jakarta, pada Kamis pekan ini.

Sebelumnya acara ini telah digelar di kota-kota negara lain seperti Boston, Kiev, Minsk, Paris, Sao Paulo, London, Moscow, Almaty, dan Melbourne. Rencananya para pakar di bidang BPM dan CRM dari berbagai negara tersebut hadir untuk berbagi pengalaman kepada 250 eksekutif perusahaan di Indonesia. Bpm’online Global menunjuk salah satunya iSystem Asia sebagai partner penyelenggara. Dia mengapresiasi  pengusaha dan pakar BPM serta CRM internasional yang mempercayakan Jakarta sebagai lokasi acara ini diantara kota-kota lain di Asia Tenggara.

Aina melihat tren kebutuhan ini sejak mendirikan iSystem pada 2012. iSystem Asia memberikan layanan ke sektor solusi dan layanan yang lengkap (end-to-end) untuk bidang-bidang usaha di bidang CRM dan BPM. iSystem Asia memberikan layanan mulai dari pelatihan, sertifikasi profesional di bidang CRM serta konsultasi dan implementasi sistem informasi di industri telekomunikasi, lembaga keuangan perbankan maupun non-perbankan, pelayanan publik, farmasi, otomotif, ritel, properti, perusahaan distribusi, konsultan, dan lain-lain.(*)

 

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)