Menerawang Bola Kristal Dunia TI

Perkembangan teknologi informasi (TI) sangat dinamis. Lihat saja, tahun 2012 cloud computing terus bergerak dan mendapat prioritas dari para top level CIO (Chief Information Officer), mobile workforce terus berekspansi tanpa henti, dan banyak perusahaan mulai menyadari pergeseran yang mengarah ke software-defined datacenter.

Namun perubahan tersebut tak akan berhenti di sini. “Saya memperkirakan kita akan melihat lebih banyak perubahan di tahun 2013, dan inilah sejumlah prediksi terkait industri ketika saya menerawang lewat 'bola kristal' dunia TI,” ujar Steve Herrod, CIO & SVP of R & D di VMware.

Menurut Herrod, big data (atau lebih tepatnya Big Analytics) telah terjadi 'ledakan' data di luar sana. Namun, yang banyak dicari tahu perusahaan tahun lalu adalah tentang bagaimana menangani gelontoran data yang sangat besar tersebut.

VMware memiliki solusi untuk isu ini lewat layanan bernama Project Serengeti. Ini adalah layanan VMware Data Director terbaru yang memiliki beragam keunggulan. Adopsi teknologi untuk meng-handle big data sendiri terus tumbuh seiring dengan kebutuhan perusahaan akan dilema dari banyaknya data yang mereka miliki. Hingga pada akhirnya, perusahaan coba mencari peluang dari tumpukan data tersebut agar lebih berguna ketimbangan melihatnya cuma sebagai 'sampah'.

Bagaimana dengan Networking & Security? “Kita pun telah melihat jika software-defined networking (SDN) cukup booming pada tahun 2012 lalu. Fenomena ini telah jadi pembicaraan publik, dan VMware telah mengambil langkah besar dengan menawarkan VMware vCloud Network & Security,” klaim Herrod.

Untuk itu, VMware menarik perhatian dengan aksi akuisisi Nicira. Dan sebagai salah satu komponen penting dari hybrid cloud computing, pihaknya menghapus 'networking' yang kerap menjadi bottleneck di belakang mobilitas workload layanan cloud. Ujung-ujungnya, perusahaan akan mendapat pengalaman lebih baik dan benefit di masa depan.

Untuk storage, lanjut Herrod, boleh dibilang inilah tahunnya storage! Ekosistem yang berkembang telah berubah dengan support yang lebih dari teknologi storage terhadap lingkungan virtualisasi dan cloud.

Ketika VMworld 2012, salah satu arah teknologi storage VMware termasuk soal layanan preview Distributed Storage. Dan Herrod memproyeksikan bakal melihat lebih banyak customer yang memvirtualisasikan storage mereka serta mengarah pada pendekatan policy-based management. “Langkah ini hanya awal dari banyaknya pengumuman penting dari VMware dan para partner kami di tahun 2013 guna melanjutkan geliat menuju software-defined storage,” dia menambahkan.

Soal management, pengelolaan layanan dan infrastuktur cloud juga akan menjadi perhatian di industri TI pada tahun 2013 ini. Namun VMware dan pemain lainnya merasa lingkungan homogen merupakan pendekatan paling efisien, karena customer akan memiliki pusat layanan infrastruktur yang heterogen, dan ini belum akan berganti.

Kemampuan untuk mengembangkan dan memindahkan workload x86 di antara cloud privat dan publik (VMware, AWS, OpenStack, dan lainnya) telah menjadi standar praktek bagi organisasi, karena mereka bakal mendapat keuntungan, fleksibilitas, efisiensi, dan dapat menekan biaya dari lingkungan cloud hybrid.

Namun ketika multiple cloud datang, mereka membutuhkan pengaturan multi-cloud kelas dunia. VMware sendiri telah mengumumkan update produk cloud manajemen di VMworld Eropa, dan kami siap men-support pelanggan untuk mengelola lingkungan heterogen.

Untuk Cloud Hybrid, WMware menyadari, pertumbuhan adopsi cloud di tahun 2012 tentunya bakal membuat workload customer tidak hanya terjadi di cloud privat, tapi juga di layanan cloud publik.

Sementara itu, Mobile Workforce, cara kerja masa kini dengan mengandalkan gadget sendiri (laptop, tablet PC, hingga smartphone) namun tetap produktif dianggap akan tetap mencuri perhatian di 2013. Bagi Vmware, saat VMworld, telah melontarkan solusi untuk mendukung komputasi end user yang bersifat mobile. Teknologi ini mampu mengelola perangkat desktop dan mobile sehingga kalangan enterprise tak perlu lagi khawatir soal ancaman.

Bagaimana dengan Small & Midsize Business? Manisnya pertumbuhan bisnis TI tak hanya bisa dinikmati oleh perusahaan kelas kakap (enterprise). Perusahaan skala kecil hingga menengah pun bisa menjadi primadona. Di tahun 2013 ini, pembaruan dari solusi cloud-based management bakal membuat SMB menjadi lebih mudah dalam menghadapi tantangan tersebut. Sehingga mereka dapat lebih fokus untuk menggenjot bisnisnya untuk terus tumbuh.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)