Mengapa ShopeePay Lebih Unggul dari Ovo dan Gopay?

ShopeePay menjadi dompet digital yang paling banyak digunakan selama pandemi Covid-19 atau kurang lebih tiga bulan terakhir. Dompet digital ini mengambil kue transaksi digital terbanyak per bulan sebesar 26%, disusul Ovo (24% dari total), GoPay (23% dari total), kemudian Dana (19% dari total) dan LinkAja (8% dari total).

Survei dilakukan oleh MarkPlus, Inc dengan total 502 responden yang mewakili kota-kota besar dengan penetrasi penggunaan smartphone tertinggi di Indonesia. Survei ini menyusul data Bank Indonesia tentang kenaikan transaksi digital atau Uang Elektronik (UE) yang mencapai 64,48% selama PSBB, sedangkan volume transaksi digital bertumbuh 37,35% secara tahunan.

Head of High Tech, Property & Consumer Goods Industry MarkPlus, Inc, Rhesa Dwi Prabowo mengatakan selain perubahaan belanja menjadi online, Shopee bisa menangkap peluang dengan berbagai promosi menarik.

“ShopeePay menjadi dompet digital yang paling sering digunakan di masa pandemi dengan frekuensi transaksi rata-rata mencapai 7 kali per bulan. Disusul oleh Dana dengan rata-rata penggunaan sebanyak 6,4X tiap bulan, Ovo dengan rata-rata 6,2 x tiap bulan, GoPay rata-rata 6,1X tiap bulan, dan LinkAja rata-rata 5,7 x tiap bulan.” jelasnya.

Tingginya penetrasi dompet digital biasanya tumbuh beriringan dengan kepercayaan para pengguna, termasuk nilai transaksi per bulan yang dialokasikan ke dalam merek-merek dompet digital tersebut. Di masa pandemi, ShopeePay lagi-lagi berhasil menempati peringkat pertama dengan total nominal transaksi terbesar per bulan sekitar Rp 149.000, unggul dibandingkan LinkAja, Dana dan Ovo sekitar Rp 134.000, serta GoPay sekitar Rp 109.000.

Dengan nominal transaksi per bulan tersebut, ShopeePay kembali unggul berdasarkan total nilai transaksi dengan pangsa pasar 29%, diikuti Ovo dengan 24%, GoPay dengan 19%, Dana dengan 19%, dan LinkAja dengan 8%. Sehingga, ShopeePay menjadi dompet digital paling sering digunakan dengan hasil sebanyak 30% responden, yang kembali diikuti OVO dengan 25%, GoPay dengan 21%, DanaA dengan 18%, serta LinkAja dengan 5%.

ShopeePay yang baru memasuki pasar dompet digital Indonesia di tahun 2018 ternyata memiliki pertumbuhan paling pesat dan sudah menjadi Top 3 dompet digital terpercaya bersanding dengan Ovo dan Gopay. Bahkan 53% responden memilih ShopeePay sebagai dompet digital yang paling mempermudah urusan belanja online.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)