Technology

Menyiasati Biaya Logistik dengan Pemilihan Lokasi Gudang

Menyiasati Biaya Logistik dengan Pemilihan Lokasi Gudang
Foto : Istimewa

Pesatnya pertumbuhan e-commerce menjadikan sektor ini kontributor utama pada sektor ekonomi digital. Nilai transaksi di e-commerce pada 2022 diestimasikan senilai US$ 86 miliar dan diproyeksikan akan mengalami peningkatan menjadi US$ 137,5 miliar pada tahun 2025. Meningkatnya transaksi e-commerce juga memengaruhi pertumbuhan pada sektor logistik.

Pertumbuhan tersebut mendongkrak kebutuhan layanan logistik pergudangan dan proses order pesanan atau fulfillment untuk para pelaku bisnis dalam menunjang operasionalnya. Layanan gudang pintar menjadi salah satu solusi bagi pelaku bisnis untuk memenuhi kebutuhan proses order para pelanggan demi dapat memberikan kualitas pelayanan terbaik. Kebutuhan layanan tersebut memicu agregator logistik berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas ekosistem perbelanjaan digital di Indonesia.

Salah satu pelaku agregator logistik berbasis teknologi, Lodi Indonesia menyodorkan jasa pelayanan fulfillment dan last mile delivery. Layanan fulfillment ini dilengkapi dengan gudang yang tersebar di berbagai lokasi strategis di Indonesia. Alodia Hutauruk, Head of Marketing Lodi Indonesia, mengatakan persebaran area gudang Lodi dipilih berdasarkan tingginya aktivitas perbelanjaan konsumen di sekitar-sekitar daerah tersebut.

Dengan memiliki lokasi penyimpanan yang dekat dengan konsumen aktif, maka proses order dan pengiriman dapat dilakukan lebih cepat. Pelanggan pun dapat menikmati ongkos kirim yang lebih rendah. Alodia menyampaikan biaya pengiriman hampir setinggi harga produk karena produk dikirimkan dari pusat.

“Ini bisa membuat pelanggan ragu atau bahkan tidak jadi membeli. Di sini konsumen dan pelaku bisnis sama-sama tak diuntungkan jadinya. Oleh karena itu, kami ingin membantu pelaku industri untuk bisa menjangkau pelanggan-pelanggan di seluruh Indonesia melalui lokasi gudang yang tersebar di berbagai pulau,” tutur Alodia pada Jumat (16/9/2022).

Saat ini, Lodi berfokus untuk melakukan ekspansi agar dapat memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat. Penambahan di tiga lokasi baru yaitu di Cibubur, Bandung, dan Denpasar dapat menjadi pilihan para pemilik bisnis untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

Yan Hendry Jauwena, CEO Lodi, menjelaskan ekspansi ini merupakan bentuk respons dan komitmen perusahaan untuk terus mendukung perkembangan bisnis pelanggan yang ada saat ini ataupun yang akan datang. “Ekspansi ini bukan tentang Lodi, tetapi tentang perjalanan bersama dengan para rekan kerja (mitra bisnis) dan para pelanggan yang telah mempercayakan Lodi untuk berkolaborasi untuk terus bertumbuh bersama.,” jelasnya.

Hal ini menandakan bahwa masa depan bisnis di Indonesia akan sangat baik karena adanya dukungan solusi logistik berbasis digital di Indonesia yang sudah pasti akan dapat menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia di era perdagangan masa depan atau yang saat ini kita kenal sebagai the future commerce.

Ekspansi yang dilakukan Lodi mengarah pada digitalisasi logistik, yang sekarang menjadi prasyarat agar tetap kompetitif mengingat pada meningkatnya pertumbuhan marketplace. Proses pergudangan serta pemenuhan pesanan yang dilakukan membutuhkan transparansi yang cepat dan lengkap serta struktur stok produk dan pesanan yang jelas. Selain itu, pencatatan stok produk yang otomatis dan aman menjadi peran yang semakin penting untuk mengerahkan tenaga kerja yang ada seefisien mungkin. Selain pengoptimalan proses pergudangan dan pemenuhan pesanan secara keseluruhan, inventaris yang bebas kesalahan dan sederhana juga penting.

Perubahan ini juga memunculkan permintaan baru terhadap ruang gudang pintar, tidak hanya sebagai pusat distribusi produk namun juga permintaan sebagai gudang penyimpanan, pengelolaan, hingga distribusi ke pelanggan. Gudang pintar ini dapat menjadi solusi oleh para pelaku bisnis karena memberikan fleksibilitas, efisiensi dan nilai ekonomis bagi bisnis logistik terutama e-commerce.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved