Meski Baru, WeChat Sudah Himpun 200 juta Pengguna

Popularitas WeChat, layanan komunikasi sosial di ponsel pintar, kini semakin melesat sejak diluncurkan di Indonesia beberapa minggu yang lalu. Aplikasi ini telah menghimpun lebih dari 200 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia dan berhasil meraih kesuksesan di Indonesia.

Keberhasilan ini tidak hanya disebabkan oleh layanan chatting yang berbeda dari aplikasi kebanyakan. Berdasarkan tren terkini, terbukti bahwa fitur yang kini paling diminati pengguna WeChat di Indonesia adalah fitur ‘Moments’.

Moments’ memungkinkan para pengguna untuk berbagi gambar atau foto dengan semua koneksi mereka, tidak hanya dengan orang-orang yang sedang mereka ajak chatting. Tren ini dipicu oleh karakter mayoritas pengguna internet di Indonesia yang gemar berbagi momen-momen dalam kehidupan, mulai dari gambar makanan yang disantap, gambar buah hati, foto-foto liburan, hingga foto-foto pribadi dengan koneksi di media sosial mereka. 'Moments’ pun menyediakan serangkaian efek filter foto menarik untuk mempercantik gambar yang diunggah, memberikan kesan yang lebih mendalam untuk setiap kenangan yang dibagi. ’Moments’ dengan cerdas menggabungkan konsep berbagai jenis media sosial yang marak saat ini.

“Kebutuhan masyarakat Indonesia untuk berbagi momen-momen kecil namun berarti dalam hidup mereka tidak hanya akan terpenuhi lewat ‘Moments’, namun juga sekaligus terlengkapi dengan tersedianya fitur-fitur WeChat lainnya yang akan memaksimalkan kegiatan komunikasi virtual. Sampaikan ekspresi dan emosi melalui gambar, suara, atau video tanpa mengeluarkan biaya tambahan sama sekali, layaknya berkomunikasi secara langsung.” tutur Dennis Hau, Head of International Product Center, Tencent International Business Group.

Keunggulan lain dari fitur ‘Moments’ menurut Dennis adalah sinkronisasi dengan akun Facebook maupun Twitter pengguna. Foto-foto yang diunggah ke dalam dua media sosial terpopuler di Indonesia tersebut dapat langsung muncul di fitur WeChat dan dapat langsung menuai respon dari koneksi-koneksi sosial pengguna yang lain.

Semua fitur yang ada pada WeChat menunjang masyarakat Indonesia untuk semakin menggemari microblogging lewat ponsel atau yang lebih sering disebut mobile blogging. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)