Metrodata Kembangkan Lini Bisnis Artificial Intelligence

Ilustrasi foto : Istimewa

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) terus gencar melakukan inovasi dan menawarkan beragam solusi artificial intelligence (AI) dan machine learning untuk membantu berbagai industri menjawab tantangan bisnis yang kompleks melalui analisis lanjutan (prediktif dan preskriptif). Berbagai solusi yang dikembangkan oleh Metrodata mencakup beragam high-value use cases untuk setiap lini bisnis, mulai dari sales and marketing, supply chain, production, quality and maintenance, logistics, hingga support function seperti HR dan finance.

Pemanfaatan AI dan machine learning dapat membawa pengaruh dan manfaat yang begitu besar pada perusahaan. “Proses operasional harian hingga pengambilan keputusan tingkat direksi dapat didukung oleh berbagai solusi berbasis data yang menawarkan efektivitas dan keakuratan,” ungkap Head of Big Data & Analytics MTDL, Bernardy Suhendra dalam keterangannya di Jakarta, Senin (6/9/2021).

Departemen Supply Chain and Production, misalnya, dapat mengaplikasikan ML-Based Demand Forecasting yang mampu memprediksi permintaan pasar untuk periode mendatang secara akurat, mengurangi stokberlebih, mencegah kehabisan stok, serta dapat memprediksi dengan akurat jumlah produk yang diperlukan dan lama waktu penundaan saat produk perlu diisi ulang. Sementara itu, Departemen Marketing dapat memanfaatkan promotion effectiveness yang menggunakan AI dan memungkinkan organisasi untuk secara efektif menggunakan data yang dikumpulkan dari promosi sebelumnya, mengukur efektivitas, dan membuat rekomendasi untuk promosi di masa mendatang berdasarkan prediksi yang sudah dihitung.

Customer Profiling merupakan tool lainnya yang dapat membantu mengembangkan kampanye pemasaran, merancang strategi dan perencanaan pemasaran secara keseluruhan, dan membantu perusahaan memahami karakteristik konsumen. Perkembangan teknologi yang begitu pesat memaksa pebisnis untuk menciptakan berbagai strategi yang bertujuan memperbarui proses di seluruh lini bisnis.

Di sisi lain, pandemi Covid19 turut menimbulkan perubahan yang begitu besar di berbagai sektor industri. Preferensi konsumen telah berubah dipicu oleh kondisi pandemi. Kini, mayoritas konsumen cenderung lebih berhati-hati dalam membeli sebuah produk, dan hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan pola perilaku konsumen. Adaptasi dan pengembangan analisis berbasis AI, machine learningML, dan deep learning (AI, ML, & deep learning) menjadi semakin dibutuhkan karena berbagai teknologi ini dapat membantu dunia bisnis beradaptasi dengan kemampuan untuk mempermudah proses peramalan bisnis, pengambilan keputusan, otomasi, dan pemberian rekomendasi, baik untuk kebutuhan strategis maupun operasional sebuah perusahaan.

Industri barang-barang konsumsi (fast-moving consumer goods/FMCG) dan manufaktur merupakan beberapa industri yang dapat memanfaatkan AI. Integrasi AI dalam industri-industri ini dapat memberikan banyak keuntungan, seperti operasional yang lebih singkat dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi produk. Industri dalam sektor ini memiliki banyak data yang tersedia, baik dari data perusahaan yang tradisional maupun data yang berasal dari Perangkat IoT (internet of things). Sayangnya, masih terdapat perusahaan yang kesulitan dalam menggunakan dan mengolah data tersebut sehingga dapat mengubah investasi AI menjadi keuntungan. Metrodata telah menerapkan berbagai solusi berbasis AIML di sektor FMCG dan manufaktur.

Sebagai contoh, salah satu perusahaan FMCG multinasional telah memanfaatkan solusi Image Detection yang diintegrasikan dengan WhatsApp API untuk membuat model Deep Learning yang mendeteksi ketersediaan produk di rak atau chiller toko dengan akurasi hingga 97%. Selain itu, Metrodata sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan manufaktur, perakitan, dan distributor sepeda motor untuk menerapkan solusi Employee Recommendation for Promotional Status yang bertujuan merekomendasikan karyawan yang paling tepat untuk dipromosikan. “Metrodata akan terus berinovasi dan menyediakan berbagai solusi terkini agar bisnis dan perusahaan dapat menjawab tantangan perkembangan teknologi. Dengan berbagai efisiensi dan efektivitas yang ditawarkan AI, persaingan di berbagai sektor industri akan semakin kompetitif dan dapat menciptakan ekosistem bisnis yang sehat,” ucap Sjafril Effendi, Direktur MTDL.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)