Micromine Perbarui Fitur Software Industri Penambangan

Frank Bilki, Technical Product Manager Micromine

Micromine, perusahaan penyedia solusi perangkat lunak bidang penambangan meluncurkan paket software terbarunya, yakni Micromine 2018 dan Geobank 2018. Dengan kedua solusi terbaru ini, seluruh siklus penambangan dari eksplorasi geologi, manajemen data, estimasi cadangan, desain tambang 3D, hingga perencanaan tambang, dapat dikelola lebih komprehensif dan mudah digunakan.

Produk Micromine yang meliputi Geobank, Micromine dan Pitram dikenak sebagai software unggulan di seluruh siklus pertambangan mulai dari explorasi geology dan data management sampai perkiraan cadangan, mine design, perencaraan dan produksi. Dengan menggunakan software ini seluruh aspek explorasi (baik explorasi awal – explorasi lanjutan) output terutama estimasi cadangan yang terbukti sesuai kaidah dan aturan yang telah distandarkan di industri pertambangan dapat diwujudkan. Serta membantu perusahaan tambang dalam membuat perencanaan tambang sampai dengan akhir umur tambang (life of mine).

“Dua versi  produk terbaru kami yakni Micromine 2018 dan Geobank 2018, sebagai solusi desain tambang dan eksplorasi yang komprehensif serta mudah digunakan,” ujar Sahrul Hidayat, Regional Manager Micromine Indonesia pada acara bersama media  di Jakarta ( 31/07/2018). Dengan Micromine, maka perusahaan tambang  diberikan penghitungan interaktif, presisi dan mudah digunakan serta desain tambang untuk menyederhanakan tugas produksi sehari-hari.

Menariknya struktur modular Micromine dapat beradaptasi dengan kebutuhan pengguna. Ketika operasi tumbuh dan kebutuhan berubah maka Micromine akan tumbuh bersama dengan kebutuhan Anda. Sifatnya yang luwes dan non-prespektif juga memungkinkan pengguna menyesuaikan perangkat lunak dengan alur kerja. Lingkungan grafis yang sangat intuitif Micromine  memiliki kemampuan untuk menangani kumpuan data grafis yang besar dan kompleks.

"Hal utama yang dirasakan oleh user micromine adalah dapat dengan mudah untuk mengetahui data yang diambil di lapangan  seperti misalnya telah tervalidasi dan clean dari kesalahan penginputan, serta mempermudah user untuk mengetahui kuantitas dan kualitas dari suatu cadangan atau pemodelan cadangan yang kemudian akan dilakukan perencanaan tambang secara detail," jelas Sahrul.

Micromine tersebut adalah versi terbaru dari solusi desain tambang dan eksplorasi 3D. “Micromine memberikan pemahaman mendalam tentang proyek mereka sehingga wilayah yang prospektif dapat ditargetkan secara lebih efektif, meningkatkan peluang keberhasilan proyek,” jelas Frank Bilki, Technical Product Manager Micromine. Kehadiran versi terbaru juga mempertimbangkan pengguna termasuk berbagai fitur baru yang meningkatkan keseluruhan fungsi dan kinerja perangkat lunak.

Sedangkan Geobank merupakan solusi pengelolaan data yang aman dan fleskibel. Frank menambahkan dalam dunia pertambangan, manajemen data memegang peran yang sangat penting, dan investasi dalam perangkat lunak menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan organisasi yang sukses. "Seringkali beberapa masalah dengan data yang tidak akurat terlihat, namun yang lain sayangnya tidak. Hilangnya data, aksebilitas yang buruk dan masalah kontrol kualitas dapat menelan biaya jutaan dolar, ketika mengambil model dan pengambilan keputusan yang tidak akurat," tutur Derek Vincent, Operations Manager Geobank.

Menurut Derek, berapa pun besar perusahaan tambang tersebut, meski terbatas kemampuan IT-nya, atau ada beragam sumber daya geologi yang dikelola, solusi Geobank dirancang untuk memudahkan proses kerja. "Solusi yang kami hadirkan mampu mengefisenkan dan mengefektifkan proses-proses dalam mata rantai siklus pertambangan," tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)