Microsoft Gelar Kompetisi Business Plan

Microsoft Indonesia menyelenggarakan program kompetisi bertajuk Office 365 Apprentice untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda di Indonesia. Dalam kompetisi ini, Microsoft mengundang mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk merancang dan membangun rencana bisnis, serta meraih sokongan dana untuk merealisasikan strategi bisnis tersebut.

Para tim finalis Office 365 Apprentice

Rully Moulany, Business Group Head Office Division Microsoft Indonesia, mengatakan, “Office 365 Apprentice merupakan partisipasi Microsoft menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa. Dengan bekal pelatihan, dukungan produk dan teknologi, hingga dana pemasaran, kami percaya para finalis mampu mewujudkan impian wirausaha yang kreatif dan inovatif dalam mempersiapkan diri menjadi pengusaha andal.”

Rully mengaku bahwa kegiatan tersebut merupaka salah satu bentuk kepedulian dari Microsoft untuk memperluar awareness masyarakat, terutama kalangan pelajar dan staff perguruan tinggi terhadap produk terbaru mereka. "Kami hanya ingin meningkatkan awarenes. Pada awalnya Microsoft berawal dari hanya sebuah garasi tapi sekarang bisa sebesar ini, oleh karena itu kami ingin menularkan kepada generasi muda agar mereka bisa seperti Microsoft," paparnya.

Dalam masa final yang berlangsung selama tiga bulan, kelima tim finalis merealisasikan rencana bisnis mereka dan dinilai oleh tim juri berdasarkan berbagai aspek seperti strategi pemasaran, perkiraan penjualan, rencana keuangan, hingga akurasi dan pencapaian target.

“Seluruh finalis telah menjalankan tugas dan eksekusi rencana bisnis mereka dengan cara yang kreatif, dengan keunikan dan keunggulan masing-masing. Kami senang melihat bagaimana para mahasiswa ini menjalankan bisnis mereka. Hal ini membuat kami semakin optimis untuk kembali menyelenggarakan Office 365 Apprentice tahun depan,” lanjut Rully.

Dari lima tim yang memasuki babak final, tim dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang bernama Young Grey, berhasil meraih juara. Dengan pendekatan multi-level marketing menggunakan sistem poin bagi mahasiswa, tim Young Grey memenangkan hadiah seperti perangkat Windows 8.1 serta paket perangkat lunak produktivitas Office 365, dan kesempatan magang selama tiga bulan di Microsoft Indonesia.

Anggia Paramita, juru bicara Young Grey, mengatakan, Office 365 Apprentice merupakan pengalaman istimewa yang teramat sayang untuk dilewatkan. Banyak pelajaran berharga yang kami dapatkan, mulai dari workshop dan pelatihan tentang pengembangan diri, pengetahuan produk, pemasaran, teamwork dan kepemimpinan, hingga eksekusi rencana bisnis yang telah disiapkan.

"Tidak hanya hadiah, kami juga mendapatkan pengalaman dan kepercayaan diri sebagai bekal menghadapi dunia bisnis saat mengembangkan diri menjadi pengusaha. Seluruh pengalaman tersebut melatih kami menjadi para pengusaha sukses masa depan. Kami sangat merekomendasikan teman-teman mahasiswa se-Indonesia untuk ikut dalam Office 365 Apprentice tahun depan,” ujar Anggia.

Office 365 adalah keluarga aplikasi produktivitas dari Microsoft yang telah dikenal luas seperti Word, Excel, dan PowerPoint, yang didesain ulang sebagai layanan berbasis cloud, sehingga membantu semua orang berkreasi, berkomunikasi, dan bekerja secara lebih efisien dari manapun, dengan perangkat apapun. Office 365 dapat diperoleh dengan cara berlangganan edisi Personal, Home, atau Small Business sesuai kebutuhan. Dokumen Office 365 dapat diakses dari perangkat PC, Mac, tablet Windows, serta iPad, berkat media penyimpanan berbasis cloud OneDrive. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)