Moxa, Memadukan Ekosistem Keuangan Astra dalam Satu Aplikasi

Daniel Hartono, CEO Moxa.
Daniel Hartono, CEO Moxa.

Dari waktu ke waktu, tampaknya makin besar keyakinan bahwa di era digital ini, ekosistem yang lengkap akan menentukan kesuksesan perusahaan dalam memasarkan produk atau layanannya. De­ngan ekosistem yang komplet, customer journey diprediksi akan menghasilkan customer experience yang bagus, yang ujungnya meningkatkan loyal­itas. 

Sebab, dalam ekosistem yang lengkap, seorang pelanggan merasa puas ketika seluruh kebutuhannya terpenuhi secara lengkap. Yang menarik, dengan kemajuan teknologi, pusat ekosistem itu kini sering mengerucut pada sebuah aplikasi mobile.

Itulah yang ditempuh Astra Financial lewat Moxa (Mobile Experience by Astra Financial). Diluncurkan pada 31 Maret 2021, Moxa menyatukan (mengolaborasikan) nilai-nilai terbaik dari seluruh produk dan layanan Grup Astra Financial yang berpengalaman di industri keuangan. 

Konkretnya, di aplikasi Moxa, pelanggan bisa mendapatkan seluruh produk dan layanan Astra Financial, mulai dari FIFGROUP untuk pembiayaan sepeda motor, TAF dan ACC (pembiaya­an mobil), Mobil88, TRAC, SANF, Maucash, Asuransi Astra dan Asuransi Jiwa Astra, sampai rekening digital, yaitu produk tabungan PermataMoxaku. Yang teranyar, per 9 Agustus 2021, Moxa telah mengintegrasikan AstraPay, sehingga pengguna AstraPay dapat melihat saldo melalui Moxa.  Komplet.

Dengan adanya perkem­bangan teknologi dan kebutuhan konsumen yang makin digital, kami ingin melayani kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, cepat, terpadu, sehingga diluncurkanlah Moxa. Aplikasi ini adalah pendamping yang siap membantu setiap orang meraih kesejahteraan dalam hidupnya,” kata Daniel Hartono, CEO Moxa.

Dari sisi strategi, Daniel menegaskan, aplikasi Moxa merupakan langkah Astra Financial untuk mempermudah konsumennya —khususnya pasar milenial usia 25-45 tahun yang mengakses internet melalui ponsel dan memerlukan layanan keuangan— agar bisa mendapatkan layanan finansial Astra secara seamless dalam satu pintu. Intinya, divisi layanan keuangan Astra itu ingin menjadikan Moxa sebagai financial wealth hub bagi masyarakat. 

Agar benar-benar menghasilkan customer experience yang excellent, Moxa memberikan beragam kemudahan. Bentuknya adalah sejumlah fitur unggulan, seperti Kalkulator Angsuran yang terhubung melalui API de­ngan layanan keuangan sehingga memudahkan pelanggan dalam menghitung cicilan. Update mobil terbaru dengan harga resmi dari dealer Astra, seperti Auto2000, Daihatsu, Isuzu, BMW hingga Peugeot, serta Conversational chat yang membantu pengguna memilih produk sampai bertransaksi de­ngan bantuan asisten.

Sekalipun memiliki sejumlah keunggulan, Astra Financial tetap aktif mendekatkan Moxa dengan target pasar­nya. Salah satu caranya, memanfaatkan kanal digital yang akrab dengan milenial, seperti Facebook dan Instagram, untuk menyosialisasikan kecanggihan aplikasi ini. 

Mereka juga membuat promo khusus jika pelanggan mengajukan layanan jasa keuangan yang ada di Astra Financial. “Seperti Promo Motor Spektakuler, kola­borasi dengan FIFGROUP untuk potongan angsuran hingga Rp 1 juta dan cashback Rp 25 ribu via AstraPay,” kata Daniel.

Sejak Moxa didesain dan diluncurkan, dia mengungkap, pihaknya meyakini bahwa pasar siap mengadopsinya sebagai bagian dalam mengajukan beragam kebutuhan keuangan. Selain karena kelengkapan la­yanan dan kecanggihannya, juga karena perilaku digital masyarakat, terlebih di masa pandemi yang meminimalisasi sentuhan, dan ketersediaan akses internet berikut perangkat ponsel yang makin terjangkau.

Hasilnya memang terlihat. Pasar antusias menyambut Moxa. Belum lama diluncurkan, aplikasi ini telah diunduh seba­nyak 3,5 juta kali. Moxa juga telah tergabung sebagai bagian dari kluster wealth tech OJK.

Tentu saja, ini membuat Da­niel dan jajaran Astra Financial semringah. Namun, mereka tak mau berpuas diri. Daniel menyatakan, Moxa akan gencar meningkatkan layanan yang fokus pada kebutuhan pelanggan dan memperbesar user base dengan tetap menjaga kualitas download dan conversion rate yang tinggi. 

Kedepannya, kami akan terus meningkatkan berbagai kolaborasi digital dengan berbagai ekosistem, terutama de­ngan menggunakan dukungan teknologi open API (Application Programming Interface). Saat ini, Moxa telah memiliki lebih dari 300 kolaborasi Open API dan kami juga menyiapkan beberapa layanan baru yang akan segera siap diluncurkan dalam waktu dekat,” kata Daniel penuh semangat.§

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)