Multipolar Technology – Mitsui & Mitsui Knowledge Industry Bangun Data Center Tier-4 Ready di Jakarta

PT Multipolar Technology Tbk. menandatanganii perjanjian joint venture dengan Mitsui & Co, Ltd. dan anak usahanya, Mitsui Knowledge Industry Co, Ltd (MKI) untuk membangun dan mengoperasikan Data Center Tier-4 ready yang keberadaannya masih sangat jarang di Indonesia, yang akan beroperasi di bawah naungan PT Graha Teknologi Nusantara (GTN).

MultipolarKantor

Mitsui dan MKI akan menginvestasikan sekitar Rp 30 miliar dan Rp 80 miliar, yang masing-masing mewakili 10% dan 25% kepemilikan dalam GTN, yang saat ini masih merupakan anak usaha yang sepenuhnya dimiliki oleh Perseroan. Melalui joint venture ini, MKI akan memberikan dan membagikan pengetahuan, pengalaman dan keahlian mereka di bidang layanan data center dan cloud computing.

GTN bermaksud untuk menangkap peluang bisnis atas meningkatnya kebutuhan akan data center dengan standar kualitas tinggi di Indonesia. Data center ini akan dilengkapi dengan dua sumber daya listrik dari grid yang terpisah, melalui penyedia kabel serat optik multi-carrier, dan berlokasi strategis 30 km dari Jakarta dan 80 km dari Bandung. Direncanakan data center ini akan mulai beroperasi pada semester II tahun 2015.

Data center Tier-4 ready yang memenuhi standar TIA 942 dan dengan Uptime Institute Certification ini akan menggabungkan kompetensi di bidang perencanaan dan implementasi Disaster Recovery and Business Continuity Plan. “Prospeknya sangat cerah dan menjanjikan bagi bisnis Data Center di Indonesia, khususnya jika memenuhi persyaratan standar yang tinggi dari para penyedia cloud dan pengguna content dari luar negeri, sebagaimana juga dari perusahaan-perusahaan besar Indonesia, “ujar Wahyudi Chandra, Presiden Direktur Multipolar Technology.

Kolaborasi antara Mitsui dan MKI adalah untuk mengantisipasi implementasi dari Peraturan Pemerintah No. 82 tahun 2012, yang mewajibkan setiap perusahaan penyedia data elektronik di Indonesia untuk menempatkan data nya di Data Center yang berlokasi di Indonesia. Wahyudi menjelaskan, “Kami sangat optimis bahwa kerja sama dengan Mitsui dan MKI di GTN akan mempercepat peningkatan kualitas data center di Indonesia, khususnya dalam mengantisipasi dimulainya Masyarakat Ekonomi ASEAN di tahun 2015,” jelas

Kolaborasi ini di kemudian hari akan mengukuhkan langkah kepemimpinan Multipolar Technology di area bisnis teknologi informasi, serta memperluas dan memperdalam kemampuan perseroan dalam menyediakan layanan terbaik yang bernilai tambah bagi mitra kerja dan pelanggannya.

Pengalaman Mitsui dalam pengembangan investasi bisnis strategis serta keahlian MKI di bidang pengembangan layanan data center dan cloud computing memperkuat keyakinan Multipolar Technology bahwa ke depannya GTN akan mampu menjadi penyedia layanan data center yang telah terbukti kehandalannya dan memiliki teknologi, tenaga kerja dan ahli terbaik yang kompeten di bidangnya, serta pengelolaan bisnis yang mengacu pada best practice management.

Sekadar informasi Multipolar Technology adalah System Integrator di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 39 tahun di sektor perbankan dan keuangan, telekomunikasi, publik dan komersial. Pada 8 Juli 2013 saham perseroan tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham MLPT, dan terdaftar sebagai efek syariah. Saham perseroan diperdagangkan di BEI dengan kapitalisasi pasar Rp 1,9 triliun.

Perseroan memfokuskan layanannya di empat bidang: Layanan Sistem Aplikasi dan Implementasi, Layanan Hardware & Integrasi, Konsultasi TI & Layanan Profesional, serta Business Process Managed Services berskala nasional melalui anak usahanya, PT Visionet Internasional (VSN). Perseroan adalah mitra terpercaya dari penyedia solusi TI kelas dunia seperti IBM, Cisco, Oracle, Microsoft dan NCR, dan telah bersertifikasi ISO 9001:2008 untuk Quality Management System, Electronic Draft Capture (EDC), Dekstop Server Network (DSN), dan Information Technology (IT) Operation & Maintenance Services; ISO 27001:2005 untuk pembangunan, implementasi, eksekusi, pengawasan, pengkajian, pengelolaan dan peningkatan Information Security Management System (ISMS) for Data Center; dan PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk jaminan keamanan data pemegang kartu pembayaran yang mengacu pada standar internasional. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)