Muslimmarket.com Ajak Konsumen Belanja Sambil Berbagi

Foto 5

Rupanya bisnis ecommerce memang sedang menarik minat banyak pihak.  Bagaimana tidak, mengacu pada data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) bahwa bisnis ini akan tumbuh pesat di Indonesia dan diprediksikan akan mencapai total nilai pasar US$ 24 miliar pada 2016.

Dari sekian potensi pasar itu, bisnis ini lebih banyak didominasi oleh ecommerce luar negeri. Hingga kini belum ada pemain ecommerce khusus buat muslim yang besar.Padahal dari 250 juta penduduk Indonesia, sekitar 200 juta-nya adalah muslim. Dan 30% dari 200 juta itu masuk dalam segmen kelas menengah. Artinya secara buying power mereka tinggi, juga tingkat melek teknologi informasinya pun baik. Hal ini disampaikan oleh Pradita Tasmaya, CEO Muslimarket.com, saat softlaunch ecommerce ini kemarin di Hotel Sahid, Jakarta.

Karena itulah Muslimarket.com hadir di tengah pasar ecommerce Indonesia yang sedang tumbuh pesat ini.Mengambil tagline “Serba Muslim, Serba Ada”, selain menyediakan semua kebutuhan konsumen muslim dalam kehidupan sehari-harinya, ecommerce ini mengedepankan pemberdayaan komunitas muslim dalam aktivitas belanja para pelanggannya. Muslimarket.com menggandeng Dompet Dhuafa dan Baznas selaku penyalur dalam pemberian bantuan demi pemberdayaan produsen.

“Bagi kami, pemberdayaan adalah sebuah unsur penting yang dapat membantu memajukan sebuah bisnis dan komunitas. Selainn itu, pemberian bantuan untuk memberdayakan sebuah komunitas dapat membuat bantuan tersebut lebih berkesinambungan,” ujar pria yang sangat memperhatikan perkembangan ecommerce di dunia ini.

Muslimarket.com sendiri sebenarnya sudah beroperasi sejak April 2015 dengan target pasar wanita 70% dan pria 30% dengan rentang usia 18-46 tahun dari social economic status B-C. Terlihat dari harga-harga produk fashion-nya yang berada dikisaran harga Rp 100-500 ribuan.

Saat ini Muslimarket.com menyediakan 2.000 varian produk dari 65 vendor dari mulai produk fashion & beauty, produk home living, hingga paket umrah dan haji bisa didapat di sini.

Pemberdayaan yang dimaksud juga termasuk mendukung produk dan karya lokal. Adalah fashion desainer lokal seperti Saskia Adya Mecca juga turut memeriahkan ecommerce ini dengan memberikan harga special untuk koleksi eksklusifnya. Istri sutradara papan atas, Hanung Bramantyo ini pada kesempatan soft launching uga meluncurkan koleksi eksklusif berupa apparel dan kerudung dengan lebel BIA.

“Konsep baru dari Muslimarket.com ini menyampaikan pesan akan kepedulian pada sesame, itulah sebabnya saya sebagai desainer lokal langsung mengiyakan ketika diajak berkolaborasi,” ujar Saskia yang menyumbangkan sebagian hasil penjualannya untuk infak. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)