NewsLoop, Jembatan Informasi Media Lokal dan Asing

Hadirnya ponsel pintar dan perangkat lain, seperti tablet, membuat masyarakat tak lagi hanya melakukan pengiriman pesan teks dan bertelepon. Alhasil, mengakses dunia maya menjadi semakin mudah, sehinga digandrungi oleh masyarakat. Lewat dunia maya, masyarakat bisa menjelajahi berbagai macam informasi, termasuk berita.

Untuk melihat berita tentunya kita harus mengunjungi suatu portal media. Bagaimana jika ada aplikasi yang bisa menyuguhkan berita dari beberapa macam media sesuai dengan keinginan kita? Terasa menyenangkan bukan? Ya, itulah yang ditawarkan oleh NewsLoop.

Alex Fenby, Direktur NewsLoop

“NewsLoop adalah aplikasi berita pertama yang secara spesifik memahami keinginan masyarakat Indonesia, dengan menjembatani informasi dari media lokal dan media internasional dalam satu aplikasi,” ujar Alex Fenby, Direktur NewsLoop, di Jakarta, Selasa (4/6/2013).

Alex bercerita bahwa perekonomian Indonesia tumbuh dengan baik, dengan angka di sekitar 6 persen. Ekonomi yang tumbuh dipandang menandakan pendapatan masyarakat yang semakin meningkat. Dengan daya beli yang tinggi, kemampuan masyarakat Indonesia membeli perangkat canggih, seperti ponsel pintar, besar.

Mengutip data suatu perusahaan riset, ia menuturkan, pada tahun 2016, orang Indonesia akan lebih menyukai dan memiliki ponsel pintar. Kondisi itu tentunya akan berdampak pada konsumsi konten, yang juga diperkirakan akan membesar.

“Sekarang pengguna  smartphone di Indonesia mencapai 22 persen dari total pengguna telepon genggam. Kami percaya NewsLoop akan dapat memenuhi keinginan para pengguna smartphone di Indonesia sebagai aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan berita dan gaya hidup terkini,” lanjut Alex, dengan mengutip data riset Boston Consulting Group.

NewsLoop lantas bergerak cepat. Tak perlu menunggu tahun 2016. Hari ini, secara resmi, NewsLoop menyatakan kehadirannya di Indonesia. Ini adalah aplikasi berita yang menawarkan lebih dari 400 konten lokal dan internasional dengan 30 kategori pilihan berita. Artinya, masyarakat bisa melihat beragam berita hanya dengan satu aplikasi.

Aplikasi NewsLoop sudah bisa digunakan oleh pengguna perangkat keluaran Apple, seperti iPad dan iPhone. Tak hanya itu, pada tanggal 16 Mei lalu, aplikasi pun sudah bisa diakses oleh platform Android. “Kami sangat hati-hati melihat perangkat mana yang popular di setiap negara karena setiap negara itu berbeda. Kami akan terus menambah kompatibilitas perangkat."

Apa saja yang ditonjolkan oleh NewsLoop? Aplikasi berita ini memungkinkan para pembaca untuk mencari, mengubah, serta berbagi artikel menarik ini melalui email dan SMS, dan melalui jaringan sosial. Fitur lain yang ditonjolkan adalah NewsLoop’s intelligent algorithm yang memungkinkan pengguna untuk menerima konten yang disesuaikan dengan keinginan pribadi mereka.

Sebagai strategi untuk memasarkan aplikasi dengan gencar ke masyarakat di Indonesia, NewsLoop pun menggandeng operator telekomunikasi, Telkomsel. Adrian Suherman, Head of Digital Advertising Group Telkomsel, mengatakan kerja sama dengan NewsLoop adalah salah satu cara membuat pelanggannya loyal. Maklum, pelanggan data di Telkomsel sudah menembus angka 50 juta, dengan setengahnya adalah ponsel pintar. “Buat Telkomsel yang nomor satu adalah pelanggan,” kata Adrian. (EVA)

“Dari pelanggan kami sekarang diharapkan dalam 2-3 tahun ke depan semua bisa dijadikan pelanggan NewsLoop," tandasnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)