Nilai Transaksi Mobile Naik 61,9%

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan sebuah lembaga riset di Amerika Serikat, Gartner, ditemukan bahwa nilai transaksi yang dilakukan via mobile di seluruh dunia akan mengalami kenaikan sebanyak 61,9% di 2012. Nilainya mencapai lebih dari US$ 171,5 miliar.

Jumlah orang yang menggunakan pembayaran mobile juga meningkat. Tahun ini diperkirakan mencapai 212,2 juta orang atau naik dari 160,5 juta orang di 2011.

"Kami perkirakan volume dan nilai transaksi mobile global menjadi rata-rata tumbuh 42% per tahun, antara 2011 dan 2016. Kami memperkirakan pasar senilai US$ 617 miliar dengan 448 juta pengguna pada 2016," kata Sandy Shen, Direktur Riset Gartner, seperti dilaporkan AFP, Rabu (30/5).

SMS tetap menjadi teknologi akses yang dominan di pasar berkembang. Di Amerika Utara dan Eropa Barat, metode pembayaran terbesar adalah menggunakan smartphone pada halaman web, sebuah sistem yang dikenal sebagai WAP (Wireless Application Protocol).

Sistem lain dikenal sebagai Near Field Communication (NFC), di mana konsumen menggunakan sebuah smartphone yang dibaca oleh alat scan. "Pembayaran NFC melibatkan sebuah perubahan perilaku pengguna dan membutuhkan kerja sama antara stakeholder yang mencakup bank-bank, operator mobile, jaringan kartu dan merchant," kata Shen. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)