Nokia Siap Menampung Infrastruktur Smart City di Indonesia

nokia lte

Perkembangan 4G kian tumbuh pesat, fungsinya tidak hanya sebatas pada ponsel pintar untuk kebutuhan personal semata. Namun, lebih luas dari itu, 4G juga dapat dimanfaatkan untuk keselamatan publik. Menurut Leo Darmawan, Head of Mobile Broadband Solution Sub Region Indonesia untuk PT Nokia Solutions and Networks Indonesia, potensi pasarnya mencapai 6 triliun EUR pada tahun 2020.

Keselamatan publik yang dimaksud mencakup berbagai sektor publik seperti kesehatan, lalu lintas, bencana alam hingga tata ruang kota dan kota pintar. Dengan memanfaatkan solusi keselamatan publik LTE, pemerintah dapat mengoptimalkan perannya sebagai pelayanan publik.

Semantara itu, Niko Steffanus Sutikno, Head of Marcomm PT Nokia Solutions adn Networks Indonesia, mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah melakukan komunikasi dan edukasi keberbagai operator telekomunikasi di Indonesia yang akan menjadi front line dari keselamatan publik LTE. "Responnya cukup baik, hanya saja saat ini kami masih menunggu kejelasan regulasinya dari Pemerintah. Jika sudah siap, kami bisa langsung menjalankannya," jelas Niko saat konfrensi pers  mengenai keselamatan publik LTE di Jakarta (27/7).

Kepercayaan diri Nokia menawarkan solusi keselamatan publik LTE di Indonesia didasari atas best practise keselamatan publik LTE di Korea dan Inggris. Kedua negara tersebut telah menggunakan vendor Nokia yang kinerjanya telah diakui oleh dunia.

Sebagaimana yang diungkapkan dalam studi yang berjudul 'Carrier Investment Plants For Evolving Today's 4G Networks Towards A 5G Future'. Current Analysis meneliti terhadap 100 operator di seluruh dunia yang bertujuan untuk menyoroti prioritas utama pelaku operator telekomunimasi selama 5 tahun ke depan.

Hasilnya, para operator telekomunikasi menilai bahwa aplikasi 4G untuk keselamatan publik sebagai peringkat nomor satu yang harus diprioritaskan. Dan, sebagai vendor teknologi beyond 4G, Nokia dipandang sebagai vendor teknologi untuk keselamatan publik nomor satu yang direkomendasikan.

Hasil tersebut tentunya di latarbelakangi oleh kinerja Nokia di ranah 4G LTE. Menurut . Leo Darmawan, Head of Mobile Broadband Solution Sub Region Indonesia, PT Nokia Solutions and Network Nokia memiliki banyak produk inovatif yang dapat mendukung keselamatan publik berbasis 4G LTE.

Diantaranya bandwidth dan kehandalan tinggi yang dibutuhkan oleh operasi-operasi vital yang digabung dengan internet protocol/multi protocol label switching (IP/MPLS), teknologi packet microwave transport dan optik yang penting bagi tulang punggung data yang mendasari jaringan-jaringan akses radio. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)