Olympus Incar Pangsa Pasar Kamera Mirrorless 15-20%

Pasar kamera tanpa cermin atau bekennya dikenal dengan sebutan kamera mirrorless semakin menjanjikan. Hal itu bisa dilihat dari pertumbuhan pangsa pasarnya yang terus menggerus kamera digital single lens reflex (DSLR). Produsen mulai gencar meliris kamera mirrorless dengan beragam spesifikasi. Tengok saja, Olympus yang mengincar pangsa pasar 15-20% dengan memperkenalkan kamera dengan resolusi setara 40 megapixel.

Sandy Chandra, Marketing Manager Olympus Customer Care Indonesia (kiri) Sandy Chandra, Marketing Manager Olympus Customer Care Indonesia (kiri)

Sejak awal, Olympus memosisikan diri sebagai spesialis kamera mirrorless. Pangsa pasar kamera merek Jepang itu terus tumbuh. Contohnya, tahun 2009 pangsa pasar Olympus di Indonesia hanya sekitar 5%, namun enam tahun kemudian naik hingga dua digit. “Pangsa pasar kami sekitar 15-20%,” ujar Sandy Chandra, Marketing Manager Olympus Customer Care Indonesia.

Untuk meningkatkan penetrasi, perusahaan melakukan tiga cara. Pertama, melakukan edukasi ke pasar tentang kamera mirrorless, kegunaan, serta kehebatannya. Kedua, memperkuat saluran pemasaran, baik yang tradisional atau modern. “Kita harus merubah mindset terlebih dahulu. Selama ini banyak salah persepsi tentang mirrorless di mana persepsinya ke arah teknologi film,” jelasnya.

Strategi terakhir, sambung Chandra, adalah meluncurkan produk teranyar yakni Olympus OMD E-M5 Mark II. Kamera ini diklaim mampu menghasilkan gambar dengan kualitas resolusi 40 MP, walaupun kamera yang diusungnya hanya berukuran 16 MP. Cara mendapatkan gambar dengan resolusi tinggi ini dilakukan dengan menggerakkan sensor ke berbagai arah, lalu menggabungkan 8 jepretan menjadi satu.

 

Kamera ini membawa kembali desain compact, dan stylish yang pernah diusung generasi sebelumnya, dengan didukung konektivitas Wi-Fi. Kamera canggih ini dibanderol sekitar Rp 18 juta – Rp 22 juta per unit. “Saat ini kami buka pre-order. Awal April kamera ini sudah tersedia di pasar,” ungkapnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)