Oracle Cloud Machine, Solusi Private Cloud dari CDT

Pada Oktober 2017 mendatang, Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 mengenai kewajiban penempatan data center di Indonesia akan diberlakukan. Seperti yang diketahui, hal tersebut tidak mudah bagi para pelaku bisnis khususnya industri perbankan dan finansial. Salah satu perusahaan penyedia solusi IT, PT Central Data Technology (CDT) merespons tantangan tersebut dengan memberi rekomendasi untuk mengadopsi layanan private cloud yang mampu menawarkan fleksibilitas meski data tetap berada di lingkungan IT perusahaan.

Adi Rusli, Presiden Direktur CDT, mengatakan bahwa salah satu solusi termudah adalah mengadopsi private cloud yang bisa mengakomodir SaaS (Software as a Service), IaaS, dan PaaS. Terkait hal ini, PT CDT bekerja sama dengan Oracle membuat solusi private cloud bernama Oracle Cloud Machine (OCM). OCM ditujukan untuk memudahkan integrasi antarperangkat dan aplikasi serta mempercepat  proses implementasi  dan migrasi data ke Cloud.

Adi Rusli (kiri), Erwin Sukiato (kanan)

“Bagi perusahaan yang belum membangun infrastruktur on-premise dan mirasi data, mereka akan kesulitan melakukan persiapan dalam waktu singkat. Melalui OCM, Oracle menempatkan mesin di data center pelanggan dengan skema berlangganan sesuai kebutuhan. Di dalam server OCM sudah terdapat aplikasi Oracle layaknya SaaS sehingga pelanggan dapat memanfaatkan semua layanan cloud dengan akses langsung ke perangkat yang berada di data center sendiri (on premise),” ujar Adi.

Menurutnya, OCM memungkinkan portabilitas beban kerja antara on-premises dan cloud, kemudahan transfer beban kerja Oracle dan non-Oracle antara on-premise dan cloud, serta mematuhi peraturan keamanan dan privasi. “Dengan mengadopsi OCM dalam data center, pelanggan dapat memiliki kontrol penuh atas data mereka dan memenuhi persyaratan kedaulatan dan penempatan data, sambil tetap memanfaatkan keuntungan dari cloud computing,” lanjutnya.

Adi juga mengungkapkan, sebagai distributor  Oracle, CDT akan terus memprioritaskan dan meningkatkan pangsa pasar Oracle dengan bekal pengalaman CDT yang cukup panjang dalam mendistribusikan solusi IT mulai dari level UKM hinga enterprise. “Oracle memang merupakan platinum partner kami, mayoritas kerja sama kami dengan mereka yaitu sebesar 40% dari keseluruhan kerja sama ,” ungkap Adi.

Sementara itu, Erwin Sukiato, Country Managing Director Oracle Indonesia, mengatakan OCM juga telah diperkenalkan di berbagai negara. Menurut Oracle, OCM adalah cara baru yang fundamental dalam memanfaatkan data cloud on premises. “OCM memberikan inovasi dalam data center. Harga yang berbasis langganan sesuai kebutuhan penyimpanan data. Kami menganggap CDT mumpuni dalam men-deliver solusi Oracle dan menumbuhkan kesadaran solusi cloud di Indonesia,” ujar Erwin.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)