Oracle Hadirkan Server Tercepat di Dunia

Perkembangan dunia bisnis saat ini menyebabkan setiap perusahaan dituntut untuk meningkatkan kekuatan komputasi yang dimiliki. Hal tersebut dimaksudkan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan data. Di satu sisi, kemampuan komputasi terdahulu dianggap tidak memiliki tenaga yang cukup besar untuk menjawab tuntutan pasar.

Seperti melihat celah untuk dijadikan peluang, Oracle, raksasa global penghasil piranti lunak ini baru saja menghadirkan produk terbarunya, SPARC T5 dan M5. Kehadiran T5 dan M5 ini sendiri melengkapi kehadiran generasi SPARC sebelumnya, T4. Jika T4 dihadirkan untuk memenuhi pasar server entry-level, kehadiran T5 dan M5 melengkapi tingkatan pasar yang ada, dimana T5 diperuntukan bagi kelas midrange, sedangkan M5 lebih menyasar pada pasar high-end.

Produk terbaru dari Oracle ini sendiri diklaim sebagai server dengan mikroprosesor tercepat di dunia. Dengan kehadiran T5 dan M5 disebut-sebut mampu menjawab segala tantangan komputasi yang dihadapi oleh para pelaku dunia bisnis.

“Server-server SPARC terbaru kami ini mampu meredefinisi komputasi enterprise menjadi lebih ekonomis, meningkatkan performa dan flesksibilitas, dan juga mampu memberikan kecepatan akselerasi yang maksimum,” ujar Shane Sigler, Senior Director System Strategy Product Management Oracle, di Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Shane menambahkan, bahwa Sparc T5 sendiri telah mendapatkan 17 rekor dunia dan merupakan platform terbaik untuk komputasi enterprise pada skala apapun. Sistem SPARC T5 dan M5 melampaui kompetisi dengan mencapai 10 kali peningkatan performa dari generasi sebelumnya.

Kehadiran server-server terbaru Oracle ini sekaligus memperluas portofolio SPARC dan memungkinkan near linear scalability dari 1 hingga 32 socket, dengan satu common core, satu operating system, dan satu set systems management dan perlatan virtualisasi, sehingga membuatnya menjadi platform yang ideal untuk membangun cloud computing. Server-server terbaru ini juga diklaim mampu secara mudah menyampaikan persyaratan aplikasi multiple dan secara cepat memenuhi tuntutan tingkat layanan yang diinginkan.

Untuk SPARC T5, Oracle menyisipkan 128 core, 1,024 threads, memori 4TB, sistem bandwith 1TB, sistem bandwith 1.2 TB, I/O bandwith 256 GB/s, dan 3.2 juta IOPS. Sedangkan untuk M5, Oracle menyisipkan spesifikasi yang lebih tinggi, yakni 192 core, 1,536 threads, memori 32TB, memori bandwith 1.4TB, sistem bandwith 3TB/s, dan I/O bandwith 1TB. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)