Oracle Indonesia Incar Segmen Bank Digital

Rusly Askar, Senior Director Cloud Platform Group Oracle Indonesia. (Foto : Istimewa)

Bank digital semakin atraktif menawarkan jasa keuangan berbasis digital kepada nasabah. Oracle Indonesia mengamati tren bank digital sebagai peluang untuk menyodorkan layanan komputasi awan (cloud) kepada bank digital.

Ini seiring dengan pembaruan terkini layanan Oracle Cloud Infrastructure (OCI) yang memperkenalkan lower entry point untuk OCI Dedicated Regions dan layanan Compute Cloud@Customer, yang menghadirkan lebih dari 100 layanan public cloud OCI ke pusat data pelanggan.

Layanan baru ini akan membantu pelanggan memenuhi persyaratan latensi, residensi data dan memenuhi persyaratan untuk kewenangan dan keamanan data yang ketat, yang saat ini merupakan kunci dari banyak upaya modernisasi TI. Pelanggan seperti Nomura Research Institute (NRI), Siam Commercial Bank dan Bangladesh Data Center Company Limited (BDCCL) telah menggunakan OCI Dedicated Region untuk mendapatkan manfaat penuh dari public cloud OCI di lokasi pilihan.

Rusly Askar, Senior Director Cloud Platform Group Oracle Indonesia, mengatakan kehadiran bank digital memang kian semarak. “Bank digital diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dan operasional mereka itu diregulasi sehingga harus melihat opsi cloud yang ada, paling gampang public cloud, OCI Dedicated Regions sangat cocok karena sesuai regulasi yang ada,” ujar Rusly pada jumpa pers virtual di Jakarta, Rabu (13/7/2022).

Rusly menyampaikan permintaan terhadap solusi cloud yang komprehensif untuk mendukung perjalanan transformasi digital perusahaan dan memenuhi mandat keamanan data lokal, peraturan, dan residensi data kian meningkat. Layanan Distributed Cloud ini memberikan pilihan kepada pelanggan untuk memiliki layanan cloud berfitur lengkap yang dapat dengan mudah diimplementasikan di lokasi pelanggan atau di public cloud ataupun kombinasi di keduanya itu. “Dengan pengalaman yang sama di semua pilihan, merupakan komitmen kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan melayani di mana pun mereka berada,” ucap Rusly.

Pada kesempatan terpisah, Dave McCarthy, Vice President Cloud and Edge Infrastructure Services IDC, mengatakan Distributed Cloud adalah evolusi terbaru dari cloud yang memberikan fleksibilitas dan kontrol kepada pelanggan dalam menjalankan sumber daya cloud. “Pelanggan tidak lagi dibatasi oleh pilihan lokasi, data, residensi data, atau latensi. Layanan distributed cloud OCI menawarkan lebih banyak keunggulan dan menempatkan semua manfaat public cloud langsung di dalam pusat data pelanggan dan tetap dapat dikelola dari jarak jauh oleh OCI,” ucap McCarthy.

Pengguna di berbagai belahan dunia dan berbagai sektor industri, termasuk layanan keuangan, sektor publik, kesehatan, dan logistik, telah mengadopsi OCI untuk mendukung transformasi cloud mereka dengan tetap mempertahankan skala,  data, keamanan, dan kontrol yang harus mereka lakukan sebelumnya. Layanan baru tersebut antara lain OCI Dedicated Region pada lower entry point yang baru ini membutuhkan ruang pusat data dan daya rata-rata 60-75% lebih sedikit, dengan harga awal yang jauh lebih kompetitif.

Kemudian, OCI Compute Cloud@Customer adalah solusi rack-scale yang dimaksudkan untuk lingkungan yang lebih kecil daripada OCI Dedicated Region. Compute Cloud@Customer akan memungkinkan organisasi untuk menjalankan aplikasi pada komputasi, penyimpanan, dan jaringan yang kompatibel dengan OCI di pusat data yang dikelola sepenuhnya sebagai layanan dari OCI Region dan menggunakan model konsumsi hemat biaya dari OCI untuk merampingkan proses operasi dan mengurangi biaya.

OCI Region dioperasikan sebagai public cloud komersial dan pemerintahan di 38 wilayah, yang dapat dihubungkan dengan cloud lain untuk arsitektur multicloud, atau bertindak sebagai sarana kontrol untuk penawaran cloud hybrid. OCI region juga dapat digunakan di pusat data pelanggan sebagai dedicated single tenant cloud dengan cara yang dapat direplikasi. Opsi penerapan OCI dapat mencakup semua layanan OCI yang mempunyai 100 layanan, atau hanya sebagian, dengan pilihan lokasi, kinerja, keamanan, kepatuhan, dan model operasional yang diperlukan. Semua opsi layanan ini merupakan layanan yang ditawarkan OCI Distributed Cloud.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)