Osram & Continental Akan Buat Lampu Otomotif Canggih

 

Osram Continental GmbH dan Continental  akan membentuk usaha patungan untuk memproduksi  lampu otomotif,  dengan masing-masing saham 50%. Perusahaan baru yang akan beroperasi ini akan merekrut 1500 karyawan serta mematok target penjualan 500 juta Euro.

Usaha patungan yang bernama Osram Continental GmbH terletak di Munich, Jerman.  Langkah ini bertujuan menghasilkan  produk lampu dan membangun jaringan pemasaran di 17 lokasi di dunia. Dirk Linzmeier (CEO) dari Osram dan Harald Renner (CFO) dari Continental akan menjadi direktur pelaksana.

Osram akan mengalihkan bisnis modul Solid State Lighting (SSL) dalam sektor otomotif ke usaha patungan ini. Continental juga akan menggabungkan bisnis alat pengendalian cahaya dari unit bisnis Body & Security. Aksi ini akan membuat Osram Continental mampu memadukan keahlian dalam modul lampu berbasis semikonduktor, elektronika canggih dan peranti lunak dengan akses terhadap teknologi sensor dan sumber lampu inovatif.

Untuk itu, Osram Continental dapat menawarkan beragam solusi lampu yang terpadu dan inovatif, serta dapat digunakan untuk lampu depan dan belakang mobil. Pembentukan usaha patungan ini merupakan kerja sama dalam merancang berbagai produk serta solusi yang terkoordinasi dan inovatif, serta mengusungnya ke pasaran dengan lebih cepat. Selain itu, Osram Continental tersebut akan beroperasi sebagai unit usaha yang berdiri sendiri.

"Usaha patungan ini menandakan fokus Osram yang konsisten dalam digitalisasi. Keahlian Continental dalam peranti lunak dan elektronika menjadi tambahan sempurna dalam kepemimpinan kami dalam teknologi lampu otomotif. Kerja sama tersebut akan menghasilkan perusahaan yang berorientasi pada masa depan untuk lampu otomotif digital," kata Stefan Kampmann, CTO, Osram Licht AG.

Segmen pasar untuk lampu otomotif tengah memasuki perubahan teknologi. Mirip dengan kondisi segmen lampu yang umum, segmen ini mengarah pada penggunaan solusi lampu yang berbasis semikonduktor. Berkat maraknya fungsi lampu canggih (intelligent light) dalam kendaraan, dan desain produk lampu terbaru dan pilihan penggunaannya, teknologi, peranti lunak dan elektronika berbasis semikonduktor kian bertambah penting. Tiap tahun, pertumbuhan pasar solusi lampu depan yang berbasis semikonduktor mencapai puluhan persen. Sejumlah kajian pasar menunjukkan bahwa setidaknya pada 2025, lebih dari separuh mobil terbaru di dunia akan dipasangkan dengan solusi lampu yang berbasis semikonduktor.

Digitalisasi mengusung penerapan teknologi terbaru dan potensial dalam lampu otomotif, serta menjadi peluang besar yang dapat diambil bersama antara Osram dengan Continental. Berkat keahlian kami dalam produk lampu dan solusi eletronika, perusahaan akan mampu menawarkan konsumen otomotif dengan berbagai produk termutakhir.

"Dengan menjalin kemitraan, kami akan berada pada posisi yang lebih baik untuk memajukan inovasi, melalui kerja sama dengan industri otomotif guna memadukan produk lampu, teknologi sensor dan elektronika dengan mudah dalam satu penggunaan. Hal ini akan mendukung kami dalam mengembangkan berbagai fitur lampu canggih, seperti kombinasi pencahayaan dan teknologi sensor dalam modul atau komunikasi berbasis lampu antara pengemudi, dan para pengguna jalan lainnya serta kendaraan lain di sekitarnya," tambah Hans Joachim Schwabe, CEO Speciality Lighting Osram.

Osram berbasis di Munich, merupakan salah satu produsen lampu yang terkemuka di dunia dengan sejarah sekitar 110 tahun. Portofolio produknya mencakup penggunaan lampu yang berbasis teknologi semikonduktor seperti pencahayaan infrared atau laser. Berbagai produk Osram dipakai untuk beragam sektor, termasuk virtual reality, swakemudi (autonomous driving) atau ponsel, hingga sejumlah solusi lampu yang canggih dan terhubung (connected lighting) di berbagai gedung dan kota.

Osram menerapkan berbagai penggunaan lampu tanpa batas guna meningkatkan taraf hidup berbagai orang dan komunitas. Inovasi yang dijalankan tak hanya membuat banyak orang di seluruh dunia dapat melihat lebih baik, namun juga mampu berkomunikasi, bepergian, bekerja dan hidup yang lebih baik.Perseroan memiliki sekitar 24.600 di seluruh dunia pada akhir tahun buku 2017 dan menghasilkan pendapatan senilai hampir EUR4,1 miliar. Perusahaan terdaftar dalam bursa efek di Frankfurt dan Munich.  .

Continental mengembangkan berbagai teknologi dan layanan yang menjadi perintis mobilitas berkelanjutan dan terhubung bagi banyak orang dan barang-barang kebutuhannya. Berdiri pada 1871, perusahaan teknologi ini menawarkan sejumlah solusi yang aman, efisien, canggih dan terjangkau bagi berbagai kendaraan, mesin, lalu lintas dan transportasi. Pada 2016, Continental mencetak penjualan EUR40,5 miliar dan saat ini memiliki pegawai lebih dari 230.000 orang di 56 negara.

Pengelolaan informasi di dalam dan di luar mobil menjadi pusat perhatian divisi Interior. Jajaran produknya terdiri atas berbagai jenis kendaraan, termasuk: instrument clusters, layar monitor multifungsi dan head-up, control units, access control dan sistem informasi ban, radio, sistem infotainment, perangkat input, control panels, alat climate control, peranti lunak, cockputs dan layanan.

 

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)