Technology

Owlexa Healthcare, Unit Bisnis Baru Lintasarta di Bisnis Kesehatan

Owlexa Healthcare, Unit Bisnis Baru Lintasarta di Bisnis Kesehatan

Industri kesehatan merupakan pasar yang besar dan potensial dengan market size tahun 2014 mencapai sekitar Rp340 triliun, yang melibatkan pelaku bisnis seperti penyedia pelayanan kesehatan (PPK) yaitu rumah sakit, apotek, klinik, laboratorium, optik, pabrik dan distributor obat, serta pengelola atau penyedia biaya kesehatan (asuransi kesehatan dan korporat). Pasar yang besar dan banyaknya instansi yang terlibat, membutuhkan solusi teknologi informasi untuk memberikan kemudahan, kecepatan, ketepatan dan kenyamanan terhadap layanan kesehatan.

Lintasarta

(ki-ka) Yosi Widhayanti, E-health Strategic Business Unit General Manager; Arya Damar, Presiden Direktur Lintasarta; Teddy Sis Herdianto, General Manager Strategy & Business Development Lintasarta saat peluncuran Owlexa Healthcare di Jakarta

Nah, PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) sebagai perusahaan penyedia layanan Komunikasi Data, Internet, IT Services, berkomitmen untuk memberi solusi terbaik bagi industri kesehatan. Komitmen tersebut ditunjukkan Lintasarta dengan meluncurkan unit bisnis di industri kesehatan melalui brand Owlexa Healthcare dengan tagline “Empowering Your Healthcare”.

Layanan Owlexa yang saat ini diluncurkan adalah third party administrator, yaitu layanan administrasi kesehatan bagi peserta asuransi/kelompok perusahaan mulai dari mengelola data kepesertaan, melakukan kerjasama ke penyedia pelayanan kesehatan (PPK), verifikasi keabsahan peserta saat pendaftaran pasien, melakukan monitoring pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien, verifikasi klaim sampai dengan pembayaran (tagihan ke PPK, reimbursement ke peserta) serta pelaporan.

Arya Damar, Presiden Direktur Lintasarta, mengatakan, Owlexa hadir untuk menjawab kebutuhan asuransi maupun korporat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pesertanya. “Melalui Owlexa, perusahaan asuransi dan korporat mendapatkan kenyamanan serta kemudahan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” ujarnya di Jakarta.

Yosi Widhayanti, E-health Strategic Business Unit General Manager Lintasarta, menambahkan, Owlexa menggunakan teknologi web-based yang memudahkan pihak asuransi, korporat maupun penyedia layanan kesehatan untuk mengakses informasi. Tidak hanya itu dengan teknologi web-base, Owlexa siap melakukan bridging data secara online antara data transaksi di penyedia pelayanan kesehatan dengan data manfaat kesehatan peserta asuransi maupun korporat.

“Owlexa juga hadir untuk menjawab kebutuhan asuransi dalam melakukan solusi Coordination of Benefit (COB) antara beberapa polis asuransi. Dalam implementasinya, tetap dikoordinasikan pelaksanaannya dengan penjamin yang terkait, “ Yosi menegaskan.

Owlexa sebagai unit bisnis baru Lintasarta didukung teknologi sistem informasi berkomitmen memberikan layanan cepat, akurat, responsif dan efisien. Itulah sebabnya tersedia layanan sistem contact center 7×24 jam, online EDC, mobile application, sistem reporting dan tenaga profesional yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidangnya, sehingga siap bersaing dan memberikan value added services kepada pelanggannya.

Saat ini, Owlexa telah bekerja sama dengan lebih dari 1.100 penyedia pelayanan kesehatan di seluruh Indonesia. Owlexa masih mengundang penyedia pelayanan kesehatan untuk bekerja sama dalam melayani peserta dengan prinsip memberikan layanan terbaik bagi peserta, asuransi dan korporat.

Selain produk layanan administrasi kesehatan, Owlexa juga menyediakan layanan IT Services seperti internet, SMS, contact center, queing system sesuai dengan kebutuhan rumah sakit, asuransi, dan korporat. “Untuk biaya layanan administrasi Owlexa bervariasi dengan kisaran Rp50-150 ribu per orang tiap tahun,” tambah Yosi.

Dengan kombinasi pengalaman di bidang teknologi informasi dan administrasi pelayanan kesehatan, Owlexa siap memberikan pelayanan terbaik kepada para pelaku di industri kesehatan. Untuk itu, Owlexa optimistis menghadapi persaingan. “Sebenarnya persaingan industri ini belum terlalu ketat, karena jumlah pemainnya belum banyak. Ke depan Owlexa menargetkan omset pada satu tahun pertama sekitar 100 ribu member,” jelas Yosi. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved