Panasonic : Kami Tidak Punya Pesaing di Indonesia

Tahun 1996, Panasonic menciptakan sebuah laptop yang dapat bertahan dalam kondisi lingkungan yang ekstrim. Perusahaan asal Jepang ini menghadirkan perangkat keras bernama Panasonic Toughbook sebagai solusi komputasi yang kokoh dan praktis.

Dalam perjalanannya, perangkat super kuat ini langsung melesat menjadi pemimpin pasar dunia. Produk tersebut diklaim sebagai laptop terkuat di mana ketahanan dan kehandalannya belum ada yang menandingi.

Amos Tio, General Manager Toughbook Asia Pasific Group (TAPG)

Amos Tio, General Manager Toughbook Asia Pasific Group (TAPG), mengatakan, pihaknya terus melakukan pengembangan terhadap ekosistem perangkat keras, perangkat lunak dan kanal pemasok untuk dapat menghantarkan solusi komputasi yang handal. Selain pengembangan produk, Panasonic akan membidik pasar-pasar potensial salah satunya Indonesia. Di Indonesia, Panasonic percaya diri bisa meraup pasar industri yang belum tersentuh. Berikut penggalan wawancara Reporter SWA Online, Ario Fajar, dengan Amos Tio.

Bisa dijelaskan tentang Panasonic Toughbook?

Ini adalah perangkat keras  terhebat yang pernah ada. Kami adalah pioner dalam pembuatan perangkat keras handal ini. Panasonic Toughbook memiliki kehandalan dan ketahanan yang kuat.

Apa bedanya dengan produk lain?

Panasonic Toughbook merupakan laptop, tablet, dan pengganti komputer desktop yang dapat diandalkan di dunia industri. Panasonic menguji seluruh produk Toughbook secara ekstensif guna memastikan kualitas. Dengan menjaga secara ketat kontrol terhadap desain, bahan-bahan dan pengerjaan, Panasonic memastikan tingkat kualitas yang sangat tinggi, keandalan dan kinerja untuk para penggunanya.

Apa saja produk yang ditawarkan?

Kami memiliki 5 jenis produk. Pertama, Business Rugged (CF-C1, CF-SX2) yakni produk yang cukup tangguh untuk memenuhi kebutukan pekerja kantoran yang sibuk, laptop ini tahan terhadap bantingan, tumpahan air, guncangan, serta getaran dari luar. Kedua, Semi Rugged (CF-53), produk ini dirancang untuk tahan terhadap bantingan dan goresan, dengan segel plastik yang tidak nmudah rusak yang menutupi seluruh bagian dan sambungan vital, alat ini menampikan ketahanan dan kinerja yang lebih baik.

panasonic toughbook

Ketiga, Fully Rugged (CF-31), komputer Tougbook paling tangguh. Perangkat ini menjalani pengujian yang sangat teliti dan ketat untuk memastikan bahwa ini dapat bertahan terhadap bantingan dari ketinggian 1,8 meter, tumpahan cairan, suhu yang sangat ekstrim. Keempat, Specialist Models (CF-H2), perangkat yang tahan terhadap bantingan dan cairan ini dibuat guna memenuhi kebutuhan khusus untuk beberapa target industri, untuk memaksimalkan produktifitas, sembari memastikan efisiensi dari segi finansial. Terakhir, Tougpad (FZ-A1), berukuran 10,1 inchi yang dibekali dengan OS Android ini sangat ideal untuk para pekerja yang memiliki mobilitas tinggi. Perangkat ini tahan banting, debu, dan air.

Siapa target pasarnya?

Perangkat ini dikhususkan untuk kalangan industri, bukan ritel. Panasonic Toughbook membidik beberapa industri seperti ; otomotif, penerbangan, telekomunikasi, pertahanan, militer, minyak dan gas, keuangan, farmasi dan kesehatan. Perangkat ini jelas berbeda dari perangkat keras lainnya. Yang kami tawarkan adalah kehandalan dan kekuatan.

Bagaimana penerimaan pasarnya sejauh ini?

Sangat bagus. Berdasarkan IDC tahun 2010, kami menguasai pasar dunia sebesar 60%. Pabrik kami berada di Taiwan. Dari beberapa produk yang dijual, Business Rugged (CF-SX2) dan Fully Rugged (CF-31) merupakan produk yang paling dicari.

Bagaimana dengan pasar Indonesia?

Kami masuk ke pasar Indonesia baru tahun ini. Melihat perekonomian yang terus membaik, kami yakin Indonesia bisa menjadi pasar yang cukup potensial.

Kenapa baru sekarang masuk ke Indonesia?

Kami fokus untuk pasar Eropa dan Amerika terlebih dahulu. Kami melihat perekonomian Asia terus tumbuh positif seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Indonesia. Gross Domestic Product (GDP) Indonesia sangat baik, hal itu yang membuat kami tertarik untuk masuk ke sini.

Siapa saja pelanggan Anda?

Kami sudah membantu ratusan perusahaan kecil hingga besar dari seluruh dunia, antara lain,  AT&T, Deutche Telecom. France Telecom, NTT, Verizon, British Telecom, Tokyo Electric Power, Telstra, Vodafone, Pemex, Chevron, Exxon, Petro Cina, Total, BMW, Fiat, Honda, Toyota, dan masih banyak lagi.

Bagaimana strategi memasarkan produk ini di Indonesia?

Kami akan melakukan partnership. Untuk itu kami akan mencari distributor.

Bagaimana cara meraup pasar khususnya segmen industri?

Saya rasa, kami tidak memiliki pesaing di Indonesia. Jadi, kami yakin bisa langsung menarik banyak konsumen apalagi perangkat seperti ini memang sangat dibutuhkan untuk industri sebagai jawaban dan kebutuhan konsumen.

Berapa harga setiap produk?

Harganya berkisar Rp 20 juta hingga Rp 80 juta per produk. Panasonic menawarkan garansi pemakaian terlama selama tiga tahun.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)