Paseban Yakin Geser Facebook di Indonesia

Kedigdayaan Facebook sebagai situs jejaring sosial terbesar di dunia memang belum terkalahkan hingga saat ini. Namun bukan berarti situs yang dirancang oleh Mark Zuckerberg ini tidak bisa disaingi oleh situs-situs lokal. Salah satunya, Paseban.com, portal sekaligus jejaring sosial asli Indonesia yang berbasis komunitas.

Paseban merupakan website yang dikembangkan untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat luas, yaitu berosialisasi. Paseban muncul dengan konsep situs jejaring sosial yang berbasiskan komunitas, seperti olahraga, budaya, fashion, bisnis, otomotif, atau komunitas lainnya. Selain aspek personal, pengguna pun dapat menunjukkan aspek kelompok atau komunitasnya. Hal itu bertujuan untuk memaksimalkan kegiatan bersosialisasi melalui internet, yang telah menjadi tren dewasa ini.

 M. Arief Hidayat, pendiri dan Chairmain Paseban menuturkan, tingginya penetrasi internet Indonesia, mendorong dirinya untuk tergerak menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai tambah dari situs-situs yang sudah ada. Bermodal Rp 2 miliar, mantan karyawan PT XL Axiata Tbk ini yakin produk yang dibuatnya satu tahun lalu, bisa popular di masyarakat khususnya di kalangan komunitas. “Ada sesuatu yang tidak dipunya Facebook, tapi ada di Paseban. Bukan tidak mungkin, Paseban bisa menggeser jejaring sosial seperti Facebook untuk urusan bersosialisasi bagi komunitas,"ujarnya kepada Ario Fajar dari SWA.

Hingga saat ini, Paseban telah berhasil menjaring 20.000 anggota, 290 komunitas, dengan kunjungan website mencapai 150.000 orang dan page view hingga 750.000 setiap bulan. “Kami targetkan penggunanya bisa mencapai 150.000 ditahun ini,” yakin Arief.

Untuk menggaet banyak pengguna, Paseban mengembangkan fitur-fitur pendukung yang dapat digunakan dalam membantu aktifitas teknologi informasi bagi para penggunannya. Menurut Arief, sebagai bentuk partisipasi dalam kompetisi pengembangan website dan aplikasi lokal maupun global, Paseban berupaya menciptakan produk-produk unggulan yang mengedepankan sisi informasi, edukasi dan komunikasi. Tiga hal tersebut diklaimnya menjadi salah satu sisi kekuatan Paseban dibandingkan dengan jejaring sosial sepertI Facebook.

Sisi informasi misalnya, Paseban menghadirkan Portal Paseban yang selalu memberikan informasi yang berkualitas seputar dunia teknologi informasi. Tidak hanya itu, portal tersebut didukung dengan kemudahan dengan akses baik dari personal computer maupun perangkat mobile. Dibuatnya aplikasi Latihan SNMPTN Online dan Latihan UN ini merupakan produk eduksi Paseban sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan di Indonesia, sekaligus sebagai aplikasi unggulan Paseban. Tercatat ada 13 aplikasi yang telah dan akan diluncurkan tahun ini.

Agar bisa meraup keuntungan, Paseban menciptakan bisnis e-commerce. Maklum, selama ini pendapatan hanya diperoleh dari tarif pemasangan iklan. “Hingga kini kami belum bisa menikmati keuntungan. Kami masih berkonsentrasi pada branding dan pengembangan fitur. Balik modal mungkin bisa tercapai dalam kurun waktu 2 tahun,” katanya dengan penuh optimistis.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)