Technology Trends

Pemanfaatan Data dan Teknologi Pemasaran Jadi Kunci Sukses Sebuah Bisnis

Pemanfaatan Data dan Teknologi Pemasaran Jadi Kunci Sukses Sebuah Bisnis

Tahun 2022 merupakan masa penting bagi para pelaku bisnis untuk bersaing di pasar yang semakin dinamis seiring meningkatnya potensi pasar digital. Berdasarkan fenomena tersebut, tahun ini diprediksi akan terjadi peningkatan anggaran pemasaran untuk mengoptimalisasi bisnis melalui adopsi transformasi digital dan mengeksekusi metode pemasaran digital.

“Pada 2022, kami mengantisipasi bahwa investasi di bidang data dan teknologi akan menjadi elemen penting dari strategi pertumbuhan bisnis. Lebih banyak bisnis akan mengadopsi transformasi digital dan ingin membawanya ke level yang lebih tinggi, dengan mengembangkan strategi yang tepat untuk tetap menjadi yang terdepan di industri,” kata Suraj Sivaprasad, Managing Director Ada in Indonesia dalam konferensi Ada Indonesia in Focus: Digital Conference dengan tema ‘Unleash Your Digital Marketing Potential by Learning Data and Tech Strategies’.

Konferensi yang diselenggarakan oleh Ada selaku perusahaan data dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ini menghadirkan para ahli digital untuk mengupas tuntas pentingnya pemasaran digital dan mempersiapkan kehadiran Metaverse. Dia menambahkan, beberapa hal perlu diperhatikan oleh bisnis dalam menyusun strategi pemasaran, yaitu digital blueprint termasuk rencana transformasi digital, investasi pada kecerdasan buatan (AI), dan persiapan infrastruktur teknologi penunjang lainnya.

Pada sesi pembahasan topik transformasi pengalaman pengguna (CX) dengan business messaging, pakar digital Ada mengulas tentang bagaimana pandemi mendorong konsumen menjadi lebih aktif dalam berkomunikasi dengan brand. Maka dari itu, layanan konsumen yang cepat tanggap sangat diperlukan. Juga, memaparkan beberapa panduan untuk proses yang lancar dalam melayani konsumen, yaitu dengan melakukan pemetaan CX, memanfaatkan chatbots yang didukung AI, dan tersedianya agen untuk melayani konsumen secara langsung. Melihat pentingnya peran chatbots, Ada terus mengembangkan teknologi chatbots yang andal dalam memberikan solusi dan pengalaman pengguna yang baik dan nyaman saat berinteraksi dengan konsumen.

Berikutnya, pakar digital Ada menekankan pentingnya memanfaatkan data dan memetakan perilaku konsumen sebelum menyusun strategi bisnis. Maka dari itu, Adamembangun segmentasi pasar berdasarkan perilaku konsumen ketika memberikan solusinya kepada para klien. Perusahaan ini mengidentifikasi perilaku konsumen dari jejak digital dan mengombinasikannya dengan data offline. Hasil kombinasi data tersebut menghasilkan sebuah pemahaman seperti pola kebiasaan masyarakat dalam berbelanja, referensi produk, hingga menentukan konsumen yang tepat sasaran melalui identifikasi pola mobilitas mereka.

Dari sisi e-commerce, penting bagi brand untuk memastikan produk mereka tersedia di platform tersebut. Selain itu, penting juga bagi bisnis untuk memiliki strategi yang tepat pada masing-masing kanal e-commerce mereka, seperti aktif melakukan interaksi dengan konsumen dan memberikan berbagai promosi menarik. Kombinasi strategi bisnis dan bersaingnya harga produk yang tepat akan membuat produk diincar konsumen.

Tahun 2022 juga merupakan waktu bagi bisnis untuk memaksimalkan pengayaan data yang mereka miliki. Pengayaan tersebut dapat diekstrak untuk menyusun strategi pemasaran ke depannya. Beberapa strategi yang bisa digunakan untuk memperkaya data yaitu dengan memaksimalkan platform digital, membuat sebuah campaign yang berpotensi menciptakan word-of-mouth dan mengembangkan user generated content pada masyarakat. Dari data yang terkumpul, bisnis dapat memanfaatkan Marketing Technology (MarTech) atau teknologi pemasaran.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved