Penggiat UMKM Didorong Garap Platform Digital

Penggiat UMKM. (Ilustrasi Foto : Istimewa)

PT Exabytes Network Indonesia (Exabytes Indonesia), penyedia jasa pendaftaran domain, penyewaan web hosting, web design, dan pemasaran digital, mengapresiasi inovasi dan terobosan bisnis perancang dan pengembang website serta pengusaha di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menggarap bisnis digital.

Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia, menyatakan pihaknya memberikan penghargaan di Indonesia Website Awards (IWA) 2019 yang diberikan kepada para pemilik, perancang dan pengembang website yang telah berinovasi mengembangkan platform web di Indonesia.” Exabytes Indonesia optimistis penghargaan ini memotivasi UMKM untuk merintis bisnisnya di platform digital dan menggunakan website sebagai media untuk mengembangkan bisnis digitalnya,” ujar Indra di pernyataan tertulis di Jakarta, Rabu (24/6/2020).

IWA 2019 yang digelar virtual pada Sabtu pekan lalu itu menyertakan 1.000 peserta yang ditayangkan di aplikasi Zoom, Facebook Live, dan YouTube dengan total penonton mencapai lebih dari 500 view dan Facebook Live yang ditonton oleh 11 ribu serta menggelar seminar online (webinar) bertajuk Anticipate The Future Direction of Web Dev in 2020, Web Developer Talk yang terbagi dalam beberapa sesi presentasi dan diskusi panel yang membahas tentang perkembangan website, WordPress, IT dan tren teknologi di tahun ini

Para pemenang ini diperuntukkan untuk para web developer dan web designer yang telah mendaftarkan website-nya di tahun 2019 lalu. Total website yang mendaftar IWA adalah sebanyak 655 website dengan setiap bulannya ada sekitar 50-60 website yang terdaftar. Para website ini telah dinilai dari juri handal dan panel juri sesuai dengan kriteria IWA yaitu dari segi desain, SEO, aksesibilitas, performa, dan konten.

Peserta yang mendaftarkan website-nya di beberapa kategori, antara lain Personal, Commercial dan e-commerce. Penghargaan yang diberikan dalam IWA 2019 yakni Site of The Month, Public’s Favorite Website dan Site of The Year. Hasilnya, total ada 31 pemenang IWA dengan 10 pemenang Site of The Month Kategori Personal, 10 pemenang Site of The Month Kategori Commercial, dan 8 pemenang Site of The Month Kategori E-Commerce serta 3 website Public’s Favorite Website. Dari 28 pemenang Site of The Month dipilih 3 pemenang unggulan untuk dianugerahi penghargaan Site of The Year IWA 2019.

Indra menyampaikan penghargaan ini diharapkan memotivasi para perancang dan pengembang website untuk meningkatkan kreativitas, kualitas website dan daya saing di era digital saat ini. “Serta diharapkan dapat memajukan pertumbuhan industri ekonomi digital dengan para pelaku UKM di Indonesia,” kata Indra.

Pemenang Site of The Year IWA 2019
● Kategori Personal : Noorridlo Alif Setyawan
● Kategori UKM (Commercial) : Jeeves of Belgravia Indonesia
● Kategori E-Commerce : Zulhajji
Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa trofi, sertifikat, merchandise IWA dan voucher Exabytes senilai Rp 3 juta (untuk Public’s Favorite Website), Rp 5 juta untuk pemenang Site of The Month, dan Rp 7 juta (untuk pemenang Site of The Year.

Sebelumnya, PT Master Web Network, pada awal Juni ini merilis layanan pembuatan website New Web1Menit untuk dioptimalkan pelaku usaha kecil, dan menengah (UKM) bisa bangkit dari gempuran pandemi Covid-19 dengan mengikuti tren pergerakan karakteristik konsumen yaitu mengubah metode berjualan cara lama (konvensional) mereka dengan berjualan secara online. “Layanan New Web1Menit diharapkan bisa menjadi peluang yang baik untuk para pelaku bisnis dalam mempertahankan bisnis dan bisa menjadi solusi yang tepat untuk menekan tingkat penurunan penjualan akibat dari pandemi Covid-19,” ujar Indra yang juga menjabat Direktur Master Web, perusahaan terafiliasi Exabytes Indonesi.

Layanan New Web1Menit memungkinkan pembuatan website dalam waktu lima menit. New Web1Menit merupakan pembaharuan layanan pembuatan website yang dibuat dengan menyederhanakan proses pembuatan website sehingga memudahkan para pengguna, khususnya para pelaku UKM dalam membuat maupun mengoperasikan tanpa memerlukan pengetahuan dan keahlian teknis tentang pengkodingan yang memiliki berbagai fitur, seperti Customizable Website Design, Mobile Responsiveness, Customizable Header & Footer, atau Instant Disaster Recovery.

Produk Kreatif UMKM
Pada kesempatan terpisah, Basha sebagai platform serbaguna yang didesain untuk para seniman dan talenta industri kreatif, menggelar Basha Warehouse Sale secara online pada 2 Juni-31 Juli 2020 dengan menghadirkan berbagai promo dari para brand produk kreatif lokal.

Erin Harsono, Co-Founder Basha, memastikan di masa pandemi virus corona yang mempengaruhi perekonomian, Basha menggandeng puluhan brand lokal untuk menggelar Warehouse Sale.” Setelah berbagai gelaran acara online yang digelar oleh para exhibitor mulai dari konser, webinar, dan masih banyak lagi, kali ini kami coba menghadirkan bazaar berbagai produk kreatif tanah air secara online. Mereka yang terlibat juga melalui proses kurasi sebagaimana ketika kami menggelar Basha Market.” ujar Erin,

Erin menekankan pentingnya brand produk kreatif sebagai UMKM untuk kian menggerakkan roda perekonomian tanah air. “Hingga kini, kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, namun kita harus terus kreatif agar bisa tetap memutar roda perekonomian. Karena, UMKM merupakan salah satu penyokong ekonomi Indonesia. Basha percaya bahwa kita semua harus beradaptasi dengan kondisi new normal,” tutur Erin. Produk kreatif di Basha Warehouse Sale berasal dari Surabaya, Jakarta, Bandung, dan lainnya.

www.swa.co.id

Tags:
UMKM

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)