Pengguna Instagram di Indonesia Capai 45 Juta Orang

Instagram mengumumkan bahwa lebih dari 45 juta orang Indonesia adalah pengguna aktif. Jumlah ini meningkat secara signifikan dari 22 juta pengguna aktif di awal 2016. Angka ini memosisikan Indonesia sebagai komunitas terbesar Instagram di Asia Pasifik dan salah satu pasar terbesar di dunia dari total 700 juta pengguna aktif setiap bulan di dunia saat ini.

Susan Buckner Rose, Product Marketing Director Instagram dan Sri Widowati Country Director Facebook Indonesia saat konferensi pers Instagram di Jakarta, (26/7).

Peningkatan jumlah pengguna ini didorong dengan adanya fitur Story yang muncul di Instagram sejak Agustus 2016. Masyarakat Indonesia adalah pembuat konten Instagram Story terbanyak, dimana pengguna Indonesia mengunggah konten dua kali lebih banyak dari jumlah konten rata-rata Instagram Story secara global. “Pesatnya pertumbuhan konten ini merefleksikan besarnya semangat komunitas di Indonesia untuk berbagi cerita,” ujar Sri Widowati, Country Director Facebook Indonesia, di Jakarta, (26/7/2017).

Adapun waktu yang dihabiskan seseorang untuk melihat video di Instagram meningkat lebih dari 80% dalam satu tahun. Jumlah video yang diunggah di Instagram setiap harinya bertambah lebih dari 4 kali lipat dalam satu tahun per Juni 2017.

Fitur Story ini menjadi salah satu medium bagi pelaku bisnis dalam memasarkan produknya. Saat ini, 80% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis, dan sepertiga dari konten Instagram Story yang paling banyak dilihat dari akun-akun bisnis.

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling sering menggunakan profil bisnis, selain Amerika, Brazil, Rusia dan Inggris. Hal ini membuktikan peran Instagram sebagai wadah yang mendukung pertumbuhan berbagai bisnis lokal, khususnya UMKM di Indonesia.

Perusahaan e-commerce Blibli.com menggunakan iklan dalam Instagram Story untuk meraih top of mind untuk brand dan produknya. Rangkaian iklan dalam Instagram Story meningkatkan ad recall dan konversi sebesar dua digit.

Promosi yang diluncurkan Blibli.com di Instagram Story ini memberikan hasil peningkatan sebesar 22-poin peningkatan ad recall dan 7-poin peningkatan dalam hal paparan pesan pada kalangan perempuan berusia 25-34 tahun. Selain itu Blibli.com mencatat kesukses di luar brand metrics dengan hampir5.000 kenaikan konversi sebagai hasil dari iklan dalam Instagram Story.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)