Pengguna TV Streaming Mendekati Jumlah Pengguna TV Konvensional

Ericsson ConsumerLab TV & Media Report mempublikasikan hasil temuannya bahwa jumlah penonton streaming video hampir berada di level yang sama dengan penonton TV konvensional. Dari hasil penelitian tersebut juga menemukan bahwa satu dari lima penonton atau sebenyak 19% rela membayar TV berlangganan untuk mengakses konten favorit mereka. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 25% hanya dalam kurun waktu 2 tahun.

tv-network-pictures-psd-0

Berdasarkan hasil wawancara dari 23 ribu orang dari 23 negara yang dilakukan oleh Ericsson ConsumerLab, menunjukan bahwa pergesean prilaku pengguna terus mendorong perubahan di industri TV dan media.

Afrizal Abdul Rahim, Head of Consumer Lab Regional South East Asia and Oceania, mengatakan bahwa riset yang mereka lakukan menunjukkan 56% responden membayar layanan S-VOD lebih menyukai serial TV yang tersedia sekaligus. "Mereka menyukai serial TV yang lengkap sekaligus, sehingga mereka dapat menonton di waktu yang mereka suka. Hal ini menunjukan layanan tersebut memberi dampak kepada prilaku konsumen dalam menonton konten yang mereka inginkan," ujar Afrizal.

Sebanyak 41% konsumen menyatakan keinginannya untuk dapat menonton acara favorit mereka di mana saja. Penelitian ini juga menemukan bahwa 43% responden menganggap penting resulusi Ultra High Definition (UHD). "Dari hasil penelitian ini sudah jelah bahwa perusahaan media harus memikirkan kembali bagaimana mereka menciptakan dan mengeluarkan konten. Operator harus fokus dalam penyediaan kualitas tertinggi untuk penontonnya," kata Afrizal.

Menurut Afrizal, hasil penelitina tersebut juga menunjukan bahwa penonton perempian lebih banyak bila dibandingkan dengan penonton pria. "Lebih banyak perempuan dari pada laki-laki yang banyak menonton ini. Kebanyakan dari mereka menonton pada saat sore hingga malam hari," imbuhnya.

Laporan Ericsson ConsumerLab TV & Media 2014 ini berdasarkan pada wawancara online dengan 23 ribu pengguna broadband di Brasil, Kanada, Chili, Tiongkok, Perancis, Jerman, Yunani, Indonesia, Irlandia, Italia, Malaysia, Meksiko, Portugal, Rusia, Singapura, Spanyol, Korea Selatan, Swedia, Taiwan, Turki, Uni Emirat, Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Hampir semua responden menggunakan internet setiap hari dan mewakili pandangan dari lebih dari 620 juta orang. Data tersebut dilengkapi dengan 22 wawancara mendalam dengan konsumen di San Francisco, London, dan Stockholm, serta 11 wawancara dengan para profesional industri media. ConsumerLab Report dapat diunduh melalui situs www.ericsson.com/consumerlab. (EVA)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)