Pengunjung dan Tenan PRI 2017 Rasakan Pengalaman Digital End-to-End

Siri Ajeng Susanti, Senior Account Manager Loket sedang melakukan pembayaran non tunai di Pekan Raya Indonesia ICE BSD Serpong

Mandiri Pekan Raya Indonesia 2017 (PRI) yang diadakan di ICE BSD Serpong menghadirkan pengalaman digital bagi pengunjung dan pemilik tenan. Berbeda dengan PRI tahun sebelumnya, kali ini bersama Loket, solusi layanan digital tenan dan visitor lebih terintegrasi, baik sistem tiketing maupun pembayaran tenan makanan dan minuman di dalamnya.

Solusi layanan Ticket Management Services (TMS) yang dihadirkan Loket perusahaan rintisan yang kini sudah menjadi bagian dari Go-Jek ini memudahkan PT Indonesia International Graha (IG) yang merupakan penyelenggara PRI, perusahaan event organizer (EO) yang dimiliki ICE BSD mengontrol, mengelola dan mengetahui keluar masuk pengunjung, tenan dan  transaksi non tunai makanan-minuman di event ini.

“Kami sudah digandeng PRI sejak PRI pertama, Loket dipercaya sebagai ticketing management services. Ada gate system yang bisa mengontrol keluar masuk kru tenan dan pengunjung.  Melalui pembelian online Loket dan Go-Tix, penjualan tiket PRI secara online bisa dilayani, jadi pengunjung tidak perlu antri, bisa langsung print lalu men-tap barkot yang diberikan,” papar Siri Ajeng Susanti, Senior Account Manager Loket di ICE BSD Serpong (01/11/2017).

Menariknya tahun ini bukan saja tiketing, Loket juga dipercaya menangani sistem pembayaran non tunai melalui kartu pembayaran khusus dari Loket untuk transaksi di gerai-gerai minuman dan makanan, serta wahana hiburan pasar malam di PRI. “Setidaknya ada 300-350 tenan food and beverage serta wahana pasar malam yang transaksinya menggunakan kartu Loket. Penyelenggara PRI bisa melihat real time transaksi tiap tenant,” imbuh Aldion Sianturi, Enterprise Marketing Manager Loket.

Menurut Rezan Rulianto, Marketing Communication Manager IG ada sebelas hall yang digunakan di ICE BSD untuk perhelatan PRI yang tahun ini didukung oleh Bank Mandiri. “Seperti tahun lalu PRI merupakan pesta musik, pesta belanja dan juga pesta kuliner terbesar di Indonesia. Tahun lalu kami berhasil menyedot 618 pengunjung selama 16 hari perhelatan,” katanya. Targetnya tahun ini bisa menembus 1 juta pengunjung selama 16 hari penyelenggaran PRI. Rezan berharap PRI bisa terselenggara tiap tahun dan menjadi agenda pameran multiproduk dan tujuan wisata di Propinsi Banten.

“Saya belum bisa sebutkan angka transaksi dengan tepat yang terjadi tahun lalu. Karena pemilik tenan ketika ditanya berapa transaksinya, tidak menyebut dengan tepat. Tahun ini, dengan solusi TMS dari Loket ini, kami berharap bisa mendapat angka lebih tepat transaksi yang terjadi selama PRI berlangsung,” ujar Rezan.

Layanan TMS dari Loket ini penyajikan data reporting berbentuk event analytic, penyelenggara event bisa secara langsung mengetahui jumlah tiket yang terjual, pergerakan pengunjung di dalam arena, dan data transaksi penjualan masing-masing tenan. Data-data ini tentunya memudahkan penyelenggara acara untuk memantau perilaku pengunjung. “Data ini bisa digunakan sebagai bahan analisa melalui event analytic untuk mempesiapkan rangkaian acara yang lebih diminati oleh pengunjung,” terang Ajeng.

Loket sebagai perusahaan event management dan ticketing yang sudah berdiri sejak 2012 telah mendukung 500 event hingga Juli 2017. “Event yang kami kelola tiketingnya 80 persen event besar antaranya Djakarta Warehouse Project, We The Fest, Konser Ketty Perry, Ismaya Live, Konser One Direction—boy band asal Inggris, Pekan Raya Jakarta, Soundrenaline, pertandingan bola Piala Presiden, dan sebagainya,” kata Aldion. Ke depan, tambah Ajeng, pihaknya ingin lebih memegang event yang skalanya nasional.

Selain itu, Loket juga sedang menjajaki untuk ke depannya, agar bisa mengelola berbagai tiket tempat wisata besar seerti Hoobie, Jatimpark, atau Jungle Land. “Targetnya kami bisa meningkatkan 200-300 persen jumlah event yang akan kami tangani, terlebih setelah Agustus tahun ini kami di bawah Go-Jek,” ujar Ajeng. Untuk mendorong target tersebut, Loket juga akan menyasar perhelatan  kecil dan daerah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)