Pentingnya Akses Internet Berkualitas bagi Pelaku Usaha UMKM

CEO Surge Digital Ecosystem  Hermansjah Haryono mengatakan, banyak potensi pertumbuhan bisnis yang terdorong dengan peningkatan pemanfaatan digital selama pandemi, salah satunya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ia menuturkan, di masa ini, tidak hanya masyarakat yang memanfaatkan platform digital lebih banyak, tetapi juga para pelaku usaha termasuk UMKM. “Konektivitas dan layanan internet menjadi modal utama yang mereka butuhkan untuk bertahan dan berkembang, tapi sayangnya masih terkendala dengan biaya yang cukup tinggi,” jelas Hermansjah.

Hermansjah yang pernah menjadi Commercial Director for Pacific Hub Region at Digicel Group dan VP for New Business, Enterprise, International Business & Trade Marketing di Hutchison 3 Indonesia, melihat perlu adanya suatu solusi komprehensif untuk mengatasi persoalan ini.

Pelaku usaha UMKM memerlukan bantuan, kesempatan kolaborasi, dan infrastruktur digital yang mendukung agar potensi pertumbuhan bisnis mereka dapat terus memberikan hasil positif dalam jangka panjang. Hal ini yang juga terus mengilhami Hermansjah untuk mendorong pengembangan perusahaan yang dipimpinnya, Surge, sebagai sebuah ekosistem digital yang menawarkan one stop solution bagi setiap kebutuhan digital di Indonesia.

Ekosistem digital Surge terdiri dari tiga pilar, yaitu solusi teknologi digital untuk kebutuhan harian (daily needs), layanan media dan hiburan (media and entertainment), dan infrastruktur konektivitas (connectivity). Melalui ekosistem ini, Surge akan mampu memenuhi kebutuhan dan menciptakan peluang lebih besar bagi para pelaku usaha, baik untuk skala besar maupun kecil.

 “Kami sedang fokus pembangunan jaringan fiber optik di sepanjang ruas jalur kereta api di sepanjang area Jawa dan Sumatera. Lewat jaringan ini, para pelaku usaha UMKM dapat memanfaatkan jaringan internet berkualitas yang disediakan untuk mengembangkan bisnis mereka secara digital,” jelasnya.

Untuk wilayah Jawa, Surge sedang dalam tahapan pemasangan sepanjang 2.800 km jaringan fiber optik sebesar 144 cores yang akan melahirkan jaringan internet gratis dengan kecepatan 1 Gbps di pusat-pusat keramaian seperti stasiun kereta api dan pasar modern.

Karena dibangun di sepanjang jalur kereta api, penyebaran titik-titik internet yang bisa dimanfaatkan pun semakin luas dan menyebar di tengah pusat keramaian langsung. Tidak hanya kota-kota besar seperti Bekasi, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya, tetapi juga kota-kota kecil seperti Tasikmalaya, Cilacap, Lamongan, Banyuwangi dan lainnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)