Platform Jadiberkah.id Mudahkan Layanan Wakaf

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) meluncurkan platform wakaf digital jadiberkah.id. Tujuannya untuk memudahkan transaksi wakaf baik bagi pemberi wakaf (wakif) ataupun pihak yang menerima harta benda wakaf (nazhir).

Direktur IT dan Operation Mandiri Syariah, Achmad Syafii, mengatakan, seiring meningkatnya kelas Muslim menengah, kesadaran tentang berbagi serta meningkatnya pemanfaatan teknologi digital, masyarakat butuh wadah menyalurkan semangat berbagi yang transparan dan fleksibel dari sisi moda pembayaran dan waktu.

Melalui platform jadiberkah.id masyarakat umum, bahkan yang belum menjadi nasabah Mandiri Syariah pun dapat melakukan wakaf dengan mudah. "Dengan adanya platfrom ini, pengelolaan wakaf jadi transparan serta ada laporan untuk penyaluran wakaf," jelasnya.

Saat ini baru ada 4 program wakaf yang ditawarkan di platform jadiberkah.id yaitu Rumah Sakit Hasyim Asyari Dompet Dhuafa, RS AKA Medika Sribhawono, Pesantren Hafidz Lido Sukabumi, dan Khadijah Learning Center.

Sebelum resmi diluncurkan, masyarakat mulai antusias berwakaf melalui platform jadiberkah.id dengan jumlah sekitar 500-an orang. Direktur Utama Mandiri Syariah, Toni Eko Boy Subari, mengungkapkan, tahun lalu pihaknya telah meluncurkan fitur untuk infaq dan sedekah melalui mobile banking. Hasilnya meningkat hingga 3 kali lipat dari Rp 500 juta menjadi Rp 1,8 miliar. Sehingga ia berharap keinginan berwakaf akan terus meningkat dan platform ini menjadi channel pilihan masyarakat.

Platform jadiberkah.id ini sebelumnya melayani wakaf digital melalui channel mobile banking. Namun, layanan tersebut terbatas melayani nasabah Mandiri Syariah, dengan adanya platform ini, masyarakat luas bisa juga mengaksesnya.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, H.Muhammad Fuad Nasar yang turut hadir dalam acara tersebut berharap dengan adanya inovasi layanan wakaf ini, bisa memberi kemudahan bagi masyarakat dan memberi manfaat yang luas. "Wakaf ini manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat,"ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)