Platform SaaS Manajemen Restoran ESB Raih Pendanaan Seri B US$29 Juta

Jajaran direksi ESB. (dok. ESB)

Platform SaaS manajemen restoran terintegrasi, ESB mengumumkan pendanaan senilai US$29 juta dalam pendanaan seri B yang dipimpin oleh Northstar Group dan Alpha JWC Ventures, dengan partisipasi dari investor yang termasuk BEENEXT, Vulcan Capital, dan AC Ventures.

Sebelum ronde penggalangan dana ini, ESB telah mengumpulkan total dana sebesar US$10,6 juta dari Alpha JWC, Vulcan Capital, Beenext, AC Ventures, Skystar Capital, dan Selera Kapital.

ESB adalah penyedia perangkat lunak operasi bisnis kuliner all-in-one, dengan solusi SaaS berbasis cloud yang mencakup aplikasi pengambilan pesanan front-end, aplikasi kasir atau aplikasi POS (Point-of-Sales), perangkat lunak operasi dapur dan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (sistem ERP F&B) back-end. Melalui ESB, pengusaha F&B juga mendapatkan akses ke ekosistem penyedia pihak ketiga untuk pasokan bahan, pengiriman makanan, dan pembayaran digital.

Didirikan tahun 2018 oleh Gunawan Woen, Eka Prasetya, Setiadi Prawiryo Moeljadi, dan Dwi Prawira, misi ESB adalah membantu bisnis F&B meningkatkan profitabilitas mereka dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Berdasarkan pengalaman puluhan tahun dalam operasi F&B dan rantai pasokan, para pendiri ESB menciptakan solusi teknologi berbasis cloud yang unik untuk menggantikan sejumlah sistem berbasis perangkat keras tradisional menjadi sistem ERP restoran, juga aplikasi kasir atau aplikasi POS.

Dengan pendanaan Seri B yang baru ini, ESB akan semakin memperluas jejaknya di pasar UKM. Proposisi nilainya bagi UKM meliputi: fitur pembayaran dan pinjaman yang sederhana; fasilitas modal kerja; pengembangan fitur produktivitas; solusi manajemen saluran pemesanan dan pengiriman; kemampuan fitur akuntansi; manajemen rantai pasokan; dan sistem informasi sumber daya manusia (SDM).

“Kami melihat pedagang F&B, baik besar maupun UKM, sebagai mitra setara kami. Sebagai mitra, kami berkomitmen untuk mendukung pedagang kami, untuk membantu mereka menghasilkan penjualan lebih banyak dan meningkatkan efisiensi mereka, yang pada akhirnya akan membantu mereka meningkatkan keuntungan. Dengan mencapai itu, kami dapat memastikan keberlanjutan, bankability, dan pertumbuhan mereka. Ketika mitra kami tumbuh, ESB tumbuh, begitulah saya melihatnya,” kata Gunawan Woen, Co-founder dan CEO ESB.

“Selain penawaran produk yang unggul, misi kami yang lain adalah aksesibilitas. Kami percaya bahwa bisnis dari semua ukuran layak mendapatkan dukungan yang baik, itulah sebabnya kami memperluas layanan kami agar sesuai dengan tidak hanya grup F&B yang besar dan mapan, tetapi juga bisnis kecil dan menengah dengan struktur biaya yang dapat disesuaikan dan terjangkau. Kami ingin tumbuh bersama dengan sesama pemangku kepentingan karena hanya melalui itu kami dapat mencapai kebesaran,” kata Eka Prasetya, Co-founder dan COO ESB.

Sementara dari kacamata investor, Carlson Lau yang juga Managing Director Northstar Group mengatakan, “Kami telah memantau perjalanan ESB dan senang melihat produk yang matang dan pengembangan strategi go-to-market yang muncul dari Indonesia. ESB telah menunjukkan kinerja yang baik bahkan saat melawan pesaing global dengan kapitalisasi yang lebih baik dalam memenangkan dan memperkenalkan merek F&B internasional di Indonesia.”

“ESB terus mencapai tonggak yang lebih besar dan menarik sejak investasi kami setahun yang lalu. Mereka telah secara signifikan memperluas kumpulan merek F&B, yang mencakup bisnis dari berbagai ukuran dan kompleksitas, sementara juga meningkatkan solusi end-to-end untuk pelanggan yang sudah ada. Semua ini dikaitkan dengan solusi teknologi dan keuletan tim untuk terus maju,” kata Eko Kurniadi, Partner, Alpha JWC Ventures.

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)