Rakuten Dorong UKM Masuk Dunia Maya

Sebagai salah satu perusahaaan layanan internet terbesar di dunia, Rakuten berusaha menancapkan tiang bisnisnya sedalam mungkin di Indonesia. Untuk itu, perusahaan juga harus ikut ambil bagian dalam membangun ekosistem e-commerce di Tanah Air. Sebagai langkah nyata, perusahaan pun mengadakan Rakuten Expo Jakarta 2013. Melalui expo ini, perusahaan memperlihatkan keseriusannya untuk membawa UKM ke dunia e-commerce.
rakuten caraka 2
"Rakuten Expo Jakarta 2013 merupakan platform sempurna untuk menunjukkan komitmen kami dalam membangun ekosistem e-commerce yang kuat di Indonesia melalui pemberdayaan konsumen dan UKM dengan berbagai inisiatif, seperti program edukasi e-commerce untuk UKM, Project HOPE, dan pengenalan layanan-layanan terbaru yang menarik, seperti Viki di Indonesia," ujar Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO PT Rakuten Belanja Online, dalam konferensi pers terkait Rakuten Expo Jakarta 2013 yang mengusung tema 'brand,' di Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Dalam membangun ekosistem e-commerce di Indonesia, UKM menjadi salah satu fokus dari Rakuten. Perusahaan asal Jepang ini berusaha mendorong UKM untuk aktif di dunia maya. Bagaimana caranya? Rakuten sudah mengadakan seminar e-commerce yang bertemakan "Pemberdayaan UKM dengan Rakuten Belanja Online."

Seminar diadakan di dua kota, yakni di Surabaya (26 September) dan Medan (6 November). Dalam seminar itu, ada pembahasan mengenai bagaimana membangun toko online, dan bagaimana Rakuten Belanja Online membantu UKM agara meraih sukses dalam berjualan secara online.

Dan, ada rencana, seminar akan dilanjutkan di sejumlah kota lainnya. Ini mengingat basis pelanggan Rakuten Belanja Online kini tidak lagi di Jakarta. Sekarang ini, porsi Jakarta hanya 30 persen, dari 90 persen pada dua tahun lalu. Sisanya, 70 persen justru ada di luar Jakarta.

"Indonesia memiliki potensi menjadi salah satu pasar e-commerce terbesar di Asia dan industri e-commerce yang kuat sehingga akan meningkatkan ketahanan ekonomi negara dan membawa Indonesia ke kelompok elit ekonomi Asia dalam waktu dekat," tegas Ryota.

Sebagai informasi, kinerja Rakuten Belanja Online per kuartal III tahun ini cukup fantastis. Bisa dilihat dari pesanan dibayar tumbuh lebih dari 165,6 persen secara tahunan. Gross Merchant Sales yang dibayar dan Conversion Rate tumbuh masing-masing lebih dari 104,2 persen dan 58,6 persen. Varian produknya pun kini telah mencapai lebih dari 500 ribu item. Sedangkan jumlah merchant ada lebih dari 500. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)