Rakuten: Sepanjang Tahun 2013 Bisnis e-Commerce Tumbuh Positif

Pertumbuhan ekonomi global yang tak terlampau bagus sepertinya tak dirasakan oleh sektor bisnis e-commerce. Bisnis dengan basis internet  ini justru meningkat secara signifikan. Analis dari eMarketer  memperkirakan volume perdagangan e-commerce global akan mencapai US$ 1.221,29 miliar pada akhir 2013. Tahun ini diprediksi volume perdagangan akan mencapai US$ 1444,97 miliar.

Peningkatan pertumbuhan belanja ini juga disumbang dari pertumbuhan di Asia, selain itu perubahan perilaku belanja global juga turut andil di dalamnya. Salah satu yang ikut meraup untung dari hal ini adalah Rakuten. Seperti yang sudah diketahui Rakuten merupakan salah satu pemimpin dunia di bidang e -commerce dan perusahaan jasa Internet asal Jepang.

Peresmian kantor baru Rakuten Belanja Online pada September 2013 oleh Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO Rakuten Belanja Online(kanan) Peresmian kantor baru Rakuten Belanja Online pada September 2013 oleh Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO Rakuten Belanja Online(kanan)

Di tahun 2013 Rakuten Jepang berhasil meningkatkan revenue divisi e-commerce, Rakuten Ichiba sebesar 23,2% year on year menjadi 422,4 miliar Yen pada kuartal ketiga. Profit tahun ini juga meningkat sebanyak 17,1% dibandingkan dengan tahun 2012. Pada 3 Desember, Rakuten masuk jajaran First Section di Bursa Saham Tokyo. Pada kuartal ketiga 2013, Rakuten mendaftarkan volume transaksi sebesar 1.297,5 miliar yen.

“Hari ini, Internet dan e-commerce telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan keseharian kita. Sejarah pertumbuhan kami dan listing di TSE adalah simbol dari pembangunan global kita dan menunjukkan tanda-tanda akan masa depan yang berkesan,” ujar Hiroshi Mikitani, pendiri dan CEO Rakuten, Inc.,

Tak hanya di Jepang, bisnis Rakuten secara global juga berkembang pesat. Marketplace internasionalnya juga meraih revenue meningkat 52% dibandingkan dengan tahun lalu.  Prestasi yang telah diraih ini berkat strategi yang memfokuskan diri pada perilaku pengguna dan pembeli, layanan tambahan untuk mobile commerce, serta promosi model bisnis B2B2C.

Sedangkan pasar Indonesia juga turut memberikan kontribusi terhadap momentum peningkatan yang terjadi di Rakuten global. Rakuten Belanja Online (RBO) saat ini telah memiliki baisis pelanggan yang semakin luar.

RBO sendiri telah mengembangkan basis pelanggan yang semula hanya di Jakarta kini menjangkai kota-kota lain di Indonesia. Pada kuartal ke tiga tahun 2013, pesan dibayar RBO tumbuh lebih dari 165,6% YoY, Gross Merchant Sales (GMS) yang dibayar dan Conversion Rate (CVR) berturut-turut tumbuh lebih dari 104,2% dan 58,6%. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)