Rayakan 65 Tahun, YPI Al Azhar Gandeng Doku Luncurkan Aplikasi Salam Al Azhar

Merayakan 65 tahun kehadirannya, Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPI) dengan meluncurkan aplikasi Salam Al Azhar. Menggandeng Doku, penyedia solusi pembayaran elektronik, YPI menyediakan aplikasi yang menjadi rumah besar komunitas Al Azhar berbasis digital. Langkah ini diharapkan H.Muhammad Suhadi, Ketua Umum YPI Al Azhar, dapat memudahkan akses ke beragam aplikasi pendidikan, kemudahan pembayaran dan mendukung gaya hidup digital yang kini menjadi bagian masyarakat modern.

“Kami joint operation dengan Doku di bawah PT Indoglobal Nusa (iGlobal) dan Persyarikatan Al Azhar,” ujar Suhadi di pelataran Masjid Al Azhar Jakarta. VP Merchant Business Doku Irfan Burhan menambahkan, aplikasi ini juga mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digaungkan Pemerintah yang dicanangkan Bank Indonesia sejak 14 Agustus 2014.

“Sektor pendidikan harus menjadi ekosistem yang kuat mengaplikasikan GNNT ini,” ujar Irfan. Ditambahkan Syarif Hidayat, Pendiri dan CE) iGlobal, saat ini pemanfaatan ICT di dunia pendidikan telah meluas ke berbagai jenis layanan mulai dari input nilai online, print report digital, e-learning, online courses, e-library, hingga ke hal yang rutin sehari hari, seperti info jadwal ulangan, jadwal belajar atau membeli buku pelajaran di koperasi sekolah secara online. “Aplikasi Salam Al Azhar yang merupakan co-branding dari platform sistem pendidikan modern (LEKAR Apps) pengguna tidak hanya dapat memanfaatkan smartphone untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk belajar, mendapat informasi, bertransaksi, dan mendukung gaya hidup," ujar Syarif.

Dengan aplikasi ini, keluarga besar Al Azhar di manapun berada dapat bergabung dan bersilahturami. Suhadi berharap terobosan baru ini bisa merangkul seluruh komunitas Al Azhar yang pada ujungnya bisa saling memberikan manfaat pada sesama dan masyarakat luas baik di ranah pendidikan, sosial, dakwah maupun usaha. Salam Al Azhar sebenarnya sudah beroperasi secara resmi sejak 14 November 2016 dengan aktivitas awal untuk mendukung aktivitas PMB (Pendaftaran Murid Baru) dan beragam pembayaran uang pangkal, uang sekolah dan donasi bagi para murid Sekolah Islam Sekolah Al Azhar secara online, baik dari ponsel pintar, komputer atau laptop maupun aplikasi mobile berbasis Android dan Apple.

Sedangkan Salam Al Azhar powered by Doku didesain sebagai sebuah layanan komunitas yang tak hanya mudah untuk diakses, tetapi juga sangat lengkap. Melalui aplikasi ini pengguna tidak hanya bisa berkomunikasi dengan sesama anggota komunitas tetapi juga mendapat informasi. “Boleh dibilang, ini adalah salah satu layanan komunitas pertama yang mampu menyatukan berbagai elemen. Oleh karenanya kami membuat ini lebih istimewa," jelas Irfan.

Untuk itu, Irfan menambahkan, sejumlah fitur unggulan pun dibenamkan Doku di aplikasi ini termasuk layanan pendaftaran sekolah, laporan kegiatan sekolah, layanan Informasi nilai, konseling pendidikan, pembayaran uang formulir, SPP bulanan, hingga pembayaran ZISWAF (zakat infaq, sedekah dan wakaf). Itu belum termasuk beragam layanan pendukung gaya hidup, kuliner, travel, leisure, investasi, belanja, jaringan bioskop hingga layanan keuangan seperti e-wallet, pendanaan, pembayaran, pembelian, tarik tunai, transfer, cash reward, e-voucher dan sebagainya.

"Layanan Salam Al Azhar juga dilengkapi dengan sistem pembayaran berbasis QR code yang akan memudahkan gaya hidup penggunanya," pungkas Irfan. Program Salam Al Azhar secara luas didukung oleh ratusan ribu komunitas Al Azhar yang terdiri dari murid sekolah, jamiyyah Al Azhar, guru dan pegawai sekolah Al Azhar, donator, jamaah, dan alumni yang segera akan terkoneksi dengan jutaan member jaringan aplikasi online payment system Doku.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)