RIM Rilis Platform BlackBerry 10

Research In Motion (RIM) memperkenalkan platform BlackBerry 10 dan meluncurkan perangkat awal pengembang aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan peranti lunak khusus dan HTML5 dalam konferensi BlackBerry World yang berlangsung di Orlando, Florida, beberapa hari lalu. Perangkat tersebut sudah dapat diunduh secara gratis di http://developer.blackberry.com.

BlackBerry 10 dibangun dengan menggunakan nilai-nilai utama dan pengalaman pengguna yang luar biasa, yang telah menarik lebih dari 77 juta pelanggan BlackBerry dari seluruh penjuru dunia,” klaim Alec Saunders, Vice President, Developer Relations and Ecosystems Development RIM.

Pengembang yang membuat Blackberry 10 akan dapat dengan mudah menciptakan aplikasi mutakhir yang akan memberikan pengalaman menarik dan memukau pelanggan, baik melalui integrasi dengan fitur spesifik dan aplikasi lain seperti BBM atau dengan memanfaatkan elemen desain khusus baru dari platform komputasi mobile yang baru dan memiliki kinerja tinggi.

Perlengkapan yang ditawarkan juga berkesinambungan dengan pengembang berdasarkan istilah mereka sendiri. Dengan menggunakan kerangka kerja Cascades yang berkinerja tinggi, menulis direct native code atau mengembangkan HTML5, Blackberry 10 memungkinkan para pengembang membuat aplikasi yang menarik dan menyenangkan untuk pelanggan.

Paket perangkat ini termasuk BlackBerry 10 Native SDK dengan Cascades, yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi khusus dengan grafik dan kinerja tinggi di C/C menggunakan Qt. Native SDK untuk BlackBerry 10 memiliki rancangan API yang memberikan para pengembang akses ke fitur inti perangkat dan berbagai macam layanan aplikasi Blackberry, seperti layanan Push and Payment. Cascades merupakan perangkat pengembangan aplikasi khusus berkinerja tinggi yang membuat pengembang dapat dengan mudah menciptakan aplikasi dengan visual yang menakjubkan tanpa harus menulis kode grafis level rendah dan rumit.

Perangkat tersebut juga termasuk bantuan untuk pengembang aplikasi HTML5 dengan BlackBerry 10 WebWorks SDK, yang memungkinkan para pengembang untuk membuat aplikasi native-like menggunakan teknologi pemrograman web yang umum. The BlackBerry 10 WebWorks SDK memungkinkan pengembang menggunakan HTML 5 dan CSS untuk membuat aplikasi dan menyediakan penggabungan JavaScript dengan perangkat khusus API bersamaan dengan perangkat sumber terbuka (open source) RIM UI, bbUI.js, untuk membuat aplikasi yang memiliki kemampuan native-like.

Dalam peluncuran BlackBerry 10 WebWorks SDK awal ini, pengembang aplikasi akan memiliki akses ke bagian inti dari WebWorks API secara penuh, termasuk Identity, Application dan kegiatan App, System dan kegiatan System.

Aplikasi yang dibuat dengan perangkat BlackBerry 10 mana pun dapat dijalankan dengan  smartphone BlackBerry 10, dan tablet BlackBerry PlayBook saat platform yang baru sudah dapat tersedia untuk Playbook. Semua SDK akan diperbarui agar para pengembang dapat mengakses kapabilitas unik dari BlackBerry 10 pada bulan-bulan mendatang.

Agar dapat lebih membantu lagi para pengembang aplikasi menggunakan platform BlackBerry 10, peserta BlackBerry 10 Jam akan mendapatkan BlackBerry 10 Dev Alpha. Unit percobaan ini diklaim sebagai bentuk komitmen dari RIM dalam menyediakan para pengembang komunitas dengan perlengkapan yang mereka butuhkan untuk membuat aplikasi BlackBerry 10 yang sukses digunakan, agar mereka sudah siap saat peluncurannya yang pertama nanti di akhir 2012.

Ada momentum, penantian, dan ketertarikan yang besar terhadap peluncuran perangkat BlackBerry 10, dan hari ini kami merasa sangat senang untuk meluncurkan perangkat pengembang beta Blackberry 10 yang bisa digunakan secara umum,” kata Christoper Smith, Vice President, Handheld Application Platform and Tools di RIM.

Para pengembang dapat menggunakan versi beta pertama ini untuk memulai pembuatan aplikasi Blackberry 10 dan seiring dengan berkembangnya perangkat tersebut, pengembang aplikasi akan memiliki akses ke sebuah rancangan API (Application Programming Interfaces) beragam, yang memungkinkan mereka membuat aplikasi terintegrasi lebih banyak lagi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)