Rittal Kenalkan Terobosan Baru untuk Efisiensi Data Center

Perusahaan penyedia solusi elektrik, Rittal baru saja memperkenalkan inovasi bagi industri teknologi informasi dalam penghematan data center. Inovasi tersebut bernama Rittal RiMatrix S, yakni sebuah data center yang dibuat khusus sesuai dengan kebutuhan konsumen, serta memiliki modul yang telah dikonfigurasi dan konsumsi daya dan efisiensi ratings yang sudah dirancang secara kompatibel.

rittal matrix

Dengan diluncurkannya inovasi baru ini, praktis menggeser standarisasi pusat data yang biasanya diartikan sebagai suatu solusi yang dibangun sekali jadi, menjadi sesuatu yang perlu dikembangkan dengan layanan yang berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

Erick Hadi, Managing Director Rittal Indonesia, memperlihatkan fenomena seringkali pusat data dirancang bersama – sama dan diimplementasikan dengan pelanggan untuk pemenuhan kebutuhan bisnis yang secara spesifik berbeda. Sehingga dengan adanya Rittal RiMatrix S, maka bisa dilakukan penghematan, karena pada dasarnya layanan standar pada perangkat keras (hardware) biasanya terdiri dari tersedianya listrik dan pendingin udara dengan infrastruktur yang juga standar.

"Tujuan dari RiMatrixS adalah untuk memajukan teknologi pusat data, sehingga, di satu sisi, layanan TI dapattersedia, sementara di sisi lainperangkat kerasdioperasikandengan biaya se-efektif mungkin. Tujuan akhirnya,mengarahpada penurunanbiaya operasionaldan penurunanemisikarbondioksida," jelas Erick Hadi, Managing Director Rittal Indonesia.

Erick melanjutkan, RiMatrix S ini bisa menjadi opsi yang tepat bagi perusahaan kecil menengah dengan menghemat waktu pembangunan pusat data dan kemampuan untuk menyesuaikan dengan infrastruktur yang sudah ada.

Modul kontrol pada RiMatrixS menggabungkan data dari semua komponen infrastruktur untuk menemukan titik operasi yang paling disempurnakan berdasarkan algoritma yang diturunkan dari operasi pusat data saat ini. Dengan cara ini, perusahaan dapat memastikan efisiensi yang maksimal sepanjang waktu.

Pengukuran komprehensif pusat data RiMatrixS memungkinkan operator pusat data untuk melakukan perhitungan pengembalian investasi lengkap, termasuk biaya operasional(konsumsi daya) sejak di tahap perencanaan.

TÜVRheinland, sebuah lembaga global yang menyediakan layanan teknis, keamanan, dan sertifikasi telah melakukan pengujian terhadap RiMatrix Sdan mengakui efisiensi energi yang tinggi pada RiMatrixS. Modul RiMatrixS mencapai efektivitas partial Power Usage Effectiveness (pPUE)sebesar1.05, yang artinya penggunaan daya sangat minimal, dan sangat dekat dengan nilaiteoritis ideal di angka1.00.

“Dengan demikian, diharapkan perangkat ini dapat memberikan keyakinan bagi pelanggan Rittal bahwa RiMatrix S dapat diandalkan untuk perencanaan investasi ke depan. Ditambah lagi dengan efisiensi yang ditawarkan RiMatrix S, pelanggan bisa mengalihkan investasinya ke lini yang lain,” kata Erick

Hal menarik lainnya, perhitungan simulasi PUE dilakukan untuk Indonesia  menggunakan konfigurasi RiMatrixS Double 9, mensimulasikan metriks-metriks di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, danBekasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa RiMatrixS mampu mencapai PUE antara 1.20 dan 1.35, dengan rata-rata tahunan PUE sebesar  1.256.

Erick menambahkan bahwa banyak perusahaan yang mengoperasikan pusat data atau layanan cloud perlu berinvestasi pada perbaikan efisiensi energi, seperti diungkapkan oleh survei yang dilakukan atas nama Rittal oleh peneliti pasar IDC.

Sebanyak 57% dari responden melaporkan PUE mereka melebihi 2.0, yang berarti bahwa lebih dari setengah operator pusat data membuang energi dan biaya, sementara mereka dapat menggunakan biaya tersebut untuk kebutuhan lainnya.

“Rittal ingin secara nyata mengubah standar pasar global, melalui pendekatan baru di arena pusat data kecil dan menengah,di seluruh dunia, dan juga Indonesia. Dengan RiMatrixS, Rittal berharap dapat menggeser paradigma dalam dunia IT, karena hingga saat ini belum pernah ada pabrikan yang dapat menyediakan solusi pusat data lengkap dalam satu product model number, "tegas Erick.

Untuk membantu pemahaman lebih lanjut, Rittal menyediakan situs konfigurator online RiMatrixS, di manap ihak-pihak yang tertarik dengan solusi inidapat menghitung sejak awal apakah kecepatan, kemudahan instalasi, dan standarisasi proses RiMatrix S akan memberikan manfaat yang selama ini diidamkan oleh pengelola data center. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)