Samsung Berencana Ajukan Hak Paten untuk Drone

Perusahaan elektronik Samsung, saat ini berencana memasuki pasar drone. Hal ini diketahui melalui publikasi yang dirilis oleh US Patents &Trademark Office (USPTO), bahwa Samsung tengah mengajukan hak paten untuk sebuah perangkat drone.

Menariknya, menurut USPTO, Samsung membuat rancangan drone yang dapat ditransformasikan. Sesuatu yang jauh berbeda dan belum pernah dilakukan oleh pembuat drone. Drone tersebut kabarnya akan menjadi aksesoris generasi selanjutnya untuk jajaran ponsel Galaxy Samsung.

Dalam hak paten yang diajukan, bagian rangka lengan drone tersebut digambarkan dapat dilipat dan ditekuk ke dalam bagian badan. Selain itu, drone akan dilengkapi dengan sejumlah sensor, seperti sensor kamera, gyroscope, barometer, kompas, ultrasonik, pengukur suhu, cahaya, dan sensor ultraviolet.

Samsung mengungkapkan, “Drone tersebut dapat ditransformasikan dengan menggabungkan portabilitas dan kinerja penerbangan utama pada bagian badan,” seperti yang dikutip dari Gizmochina.

Selain itu, drone Samsung memiliki fitur yang sama seperti drone pada umumnya, yakni kemampuan yang dapat dikendalikan oleh smartphone, tablet, atau PC, serta menyertakan joystick yang divirtualkan melalui layar smartphone. Tak hanya itu, drone tersebut pun dapat dikontrol dengan menggunakan perangkat elektronik rumah tangga, seperti mesin cuci atau kulkas.

Samsung telah mengajukan hak paten yang berhubungan dengan desain dan teknologi drone sejak 2016 lalu. Paten yang diajukan saat ini merupakan paten yang kelima kalinya di tahun 2018. Sementara itu, Samsung diketahui telah mengambil alih posisi IBM sebagai pemegang paten terbanyak di Amerika Serikat.

Berdasarkan riset IDC, industri drone global telah tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 30,6 persen dan akan tumbuh hingga bernilai US$ 29,5 miliar pada tahun 2022.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)