Samsung Kalahkan Apple di Jepang

Perang paten Apple vs Samsung makin sengit. Setelah memenangkan gugatan di pengadilan distrik Amerika Serikat, Apple kalah di pengadilan Jepang. Smartphone dan komputer tablet Samsung dinyatakan tidak meniru penemuan Apple untuk sinkronisasi data musik dan video melalui server.

Oleh hakim distrik Tokyo, Taotsu Shoji, Jumat 31 Agustus 2012, Apple diperintahkan membayar biaya gugatan setelah keluarnya putusan ini. Atas kemenangan Samsung, sahamnya pun langsung meroket menghapus kerugian sebelumnya di pengadilan distrik Amerika.

"Sulit untuk percaya bahwa produk-produk teknologi menjadi milik penuntut," kata Shoji menolak kasus yang diajukan Apple.

Seperti dilansir Businessweek, Apple sebagai produsen iPhone menggugat Samsung di Tokyo tahun lalu. Perusahaan berbasis di Silicon Valley ini mengklaim Galaxy S, Galaxy Tab, dan Galaxy S II melanggar paten atas sinkronisasi. Menurut dokumen pengadilan setempat, Apple menderita kerugian 100 juta yen.

Pertarungan pengadilan paten smartphone antara Apple dan Samsung diperkirakan Bloomberg Industry bernilai US$ 219 miliar di empat benua tahun lalu. Pada 24 Agustus Apple memenangkan gugatan US$ 1,05 miliar lantaran juri menemukan bahwa Samsung melanggar 6 dari 7 paten untuk perangkat mobile. (Tika Widyaningtyas/Businessweek)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)