Samsung Siap Komersialkan Jaringan 5G di 2020

Samsung Electronics saat ini tengah mengembangkan teknologi jaringan komunikasi 5G berkecepatan 1.056 giga bit per detik (Gbps) pada frekuensi 28 GHz untuk jarak dua kilometer.

Dalam situsnya, Samsung Tomorrow, dikatakan bahwa untuk mengirimkan data, teknologi 5G yang memanfaatkan gelombang milimeter itu lebih cepat ratusan kali dibanding jaringan 4G.

Seperti diketahui, penerapan jaringan seluler berkecepatan tenginggi 5G membutuhkan frekuensi pita lebar, sebagaimana peningkatan arus air yang membutuhkan pipa lebih luas. Sayangnya pita gelombang-milimeter ini mempunyai keterbatasan untuk mengirim data dalam jarak jauh karena proses perambatan gelombang radio.

“Samsung menggunakan 64 elemen antena dalam pengembangan teknologi penerima sinyal adaptif untuk jaringan 5G. Elemen antena itu dapat mengatasi keterbatasan pengiriman data,” kata Tim peneliti Samsung.

Samsung berencana mengkomersialisasikan teknologi jaringan komunikasi seluler 5G pada 2020 dengan mempercepat penelitian itu termasuk alat penerima pita gelombang milimeter.

"Teknologi baru Samsung memungkinkan pengguna untuk mengirimkan file data dalam jumlah besar termasuk film digital tiga dimensi berdefinisi ultra-tinggi tanpa ada batasan," tambah Tim peneliti Samsung. (AFP)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)