Sankalp Forum Siap Mempertemukan Investor dan UKM

Dengan 250 juta penduduk, Indonesia menjadi salah satu negara yang banyak diminati oleh investor asing. Sayangnya pengembangan di bidang wirusaha kecil dan menengah kurang diminati investor. “Kami ingin agar semakin banyak investor yang concern kepada usaha kecil dan menengah atau UKM. Selain itu, kami ingin agar para entrepreneurs tertarik dengan bidang-bidang yang bisa mensejaterahkan masyarakat kurang mampu,” jelas Priyank Tiwari, Associate Sanklap Forum.

Priyank Tiwari, Associate Director, Sankalp Forum (tengah) Priyank Tiwari, Associate Director, Sankalp Forum (tengah)

Aavishkaar Frontier Fund dan Sankalp Forum memberikan dana bantuan sebesar $2 juta untuk membantu pengembangan perusahaan North Atlantic Inc (NAI), anak perusahaan dari PT Bali Seafood. Perusahaan ini bertujuan untuk membantu nelayan indonesia menjual hasil lautnya dalam keadaan beku ke supermarket-supermarket dan restoran-restoran di Amerika Utara dan Asia.

Perusahaaan ini juga berfokus pada kesejahteraan para nelayan di daerah Bali. Menurut Priyank, Sankalp Forum dan Aavishkaar Frontier Fund berfokus pada perusahaan atau UKM yang bergerak di bidang agrikultur, energi, teknologi pembangunan, dan health care yang memiliki dampak sosial. Ia ingin agar perusahaan atau UKM bisa berfokus untuk membangun bisnis sekaligus mensejaterahkan masyarakat tanpa harus memikirkan profit terlebih dahulu.

“Dengan dana, networking, serta pengetahuan yang kami berikan, UKM diharapkan bisa tumbuh secara bisnis dan sosial sehingga mereka tak perlu mengharapkan profit terlebih dahulu. Nantinya seiring dengan perjalanan waktu, profit juga diharapkan akan ikut naik,” jelas pria asal India tersebut. Sankalp forum sendiri dilaksanakan di beberapa negara seperti India, Afrika, Indonesia, dan Bangladesh.

Negara-negara ini dipilih karena memiliki potensi masyarakat yang besar namun masih berrgulat dengan kesejahteraan masyarakatnya. Untuk menarik para investor, Intellecap berpartner dengan banyak pemerintah seperti Australia, Inggris, Amerika Serikat, perusahaan swasta, para angel investor dari Singapura, Vietnam, India, dan masih banyak lagi. Untuk memudahkan para investor dan pemilik usaha bertemu, Intellecap mengadakan Sankalp Forum. Tahun ini menjadi tahun kedua acara ini diselenggarakan di Jakarta, untuk wilayah Asia Tenggara.

Bagi Priyank Indonesia dipilih karena banyak investor tertarik untuk menanamkan uangnya di Indonesia. Tahun lalu Sankalp Forum mampu mengumpulkan 300 peserta sementara tahun ini, ia menargetkan 500 pengunjung baik dari investor dan pemangku kepentingan dari seluruh dunia. Untuk mencari UKM atau perusahaan yang potensial, Sankalp Forum bersama Aavishkaar Frontier Fund akan mengadakan Sankalp Southeast Asia Enterprise Award dengan 10 peserta dari 600 pendaftar, yang berasal dari Asia Tenggara.

Juri akan menilai perusahaan melalui tiga kriteria yaitu bisnis dan kekuatan tim, model pendapatan dan penilaian pasar serta dampak potensial. Selain itu para pebisnis juga berfokus pada pengembangan sosial masyarakat di sekitarnya. Bisnis yang ditawarkan juga harus berusia 6 bulan hingga 6 tahun.

Para pemenang akan menerima kesempatan melakukan pitch pada sebuah kelompok investor ekslusif, mendapatkan sorotan global yang signifikan melalui Sankalp Summit di seluruh dunia. Mereka juga akan mendapatkan akses dukungan pembangunan kapasitas untuk kesiapan investasi dari kelompok Aavishkaar-Intellecap dan mitra-mitranya.

Ajang ini juga mengundang 10 investor untuk menjadi dewan juri, sehingga para investor bisa menemukan UKM atau model bisnis yang sesuai dengan minat mereka. Nantinya para pemenang akan mendapatkan dana bantuan dari investor yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan UKM tersebut.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)