Satu Lagi E-commerce yang Wujudkan Komitmen Dukung UMKM

Program #KarenaLokalNOmor1 Blibli

Untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM, Blibli membuat satu laman khusus yang berisikan kurasi produk UMKM pada lima kategori utama: Dunia Makanan, Fashion Wanita, Fashion Pria, Kesehatan dan Kecantikan, serta Rumah dan Dekorasi.

Associate Vice President of Brand Activation Blibli, Devina Tandian menyampaikan, program ini selain membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas, para konsumen pun tetap bisa mendapatkan berbagai macam produk khas daerah dengan mudah serta tetap mendukung perekonomian.

“Satu bulan sejak peluncurannya, program nasional #BanggaBuatanIndonesia yang dijalankan di Blibli telah mendorong pertumbuhan order hingga 3 kali dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019,” jelas Devina.

Blibli mencatat pertumbuhan tertinggi pada kategori Dunia Makanan yang menampilkan aneka ragam makanan khas daerah di Indonesia. Makanan dan minuman khas daerah seperti Bakpia Kukus Tugu, Bolu Meranti, Kopi Gayo, hingga Pia Legong dari Bali dapat ditemukan di kategori tersebut. Pertumbuhan lainnya ditunjukkan oleh produk fashion wanita dan pria, kecantikan dan kesehatan, serta rumah dan dekorasi.

Jumlah produk lokal yang tercatat di Blibli saat ini sudah mencapai sekitar 350.000 produk. Hal ini didorong oleh antusiasme pelanggan untuk mencari produk-produk lokal di Blibli.

Blibli tetap mendorong para seller untuk memanfaatan platform online. Hal ini didasari oleh protokol new normal yang telah menciptakan batasan-batasan baru antara penjual dan pembeli. Selain itu, para seller dapat memanfaatkan layanan dari Blibli seperti logistik, gudang, serta mendapatkan berbagai pelatihan dengan memanfaatkan ekosistem Blibli.

Dengan memanfaatkan layanan logistik Blibli, para seller bisa mengirimkan produk kepada pelanggan di beda pulau. Kemudian di tahun 2020, Blibli sudah memberikan lebih dari 100 pelatihan untuk mempersiapkan UMKM agar go digital. Pelatihan ini termasuk sesi webinar secara online yang diadakan dengan bersama berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah dan mitra pelaku usaha lainnya.

“Blibli berkomitmen untuk terus mendukung UMKM. Kami juga memberikan dukungan dan edukasi pada UMKM karena ini akan menjadi bekal mereka untuk menghadapi melanjutkan bisnis ke depannya,” tambah Devina.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Blibli

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)