Sejak Dibuka April 2014, Ruangguru.com Tumbuh 25% Per Bulan

Iman Gusman, Founder Ruangguru.com Muhamad Iman Usman, Founder Ruangguru.com

Susahnya mencari guru privat saat ingin belajar khususnya untuk persiapan ujian ke luar negeri dan mempelajari keahlian non-akademis, menjadi inspirasi bagi Muhamad Iman Usman dan Adamas Belva Syah Devara untuk mendirikan Ruangguru.com.

Ini adalah sebuah situs marketplace yang menghubungkan guru-guru privat dengan murid untuk belajar secara online maupun offline dari lintas pelajaran. Sejak diluncurkan pada April 2014, Iman mengaku responnya sangat prospektif.

“Untuk saat ini terus terang kami belum dapat berbagi mengenai omset maupun jumlah modal, karena sifatnya amat confidential. Namun yang bisa kami berikan gambaran, dengan retention rate konsisten sekitar 70%, ruangguru.com tumbuh 20-25% per bulan,” ujar Iman saat dihubungi SWA Online.

Alumni Universitas Indonesia 2013 ini mengklaim, dibanding jasa penyalur guru konvensional lainnya,  Ruangguru.com memiliki beberapa keunggulan untuk murid, seperti refund policy. Jika tidak cocok dengan guru bisa melakukan penggantian guru atau mendapatkan refund 100% - berlaku pada pertemuan pertama paket belajar. Bidang studi yang diajarkan beragam, tidak terbatas pada pelajaran akademik saja. Ada verifikasi latar belakang guru. Opsi pembayaran yang mudah. Bisa via kartu kredit, internet banking, bank transfer atau cash hingga monitoring perkembangan belajar dan memberikan loyalty points.

Sedangkan untuk guru, keunggulan yang dijanjikan berupa: potongan komisi sebesar 20% per transaksi. Opsi pelatihan dan pelibatan guru dalam berbagai kegiatan terkait personal development. Dan Layanan konsumen yang memfasilitasi hubungan guru dan murid.

Di bulan Agustus 2014, jumlah guru yang terdaftar di ruangguru.com mencapai 2.000 orang. Hingga kini, jumlah guru meningkat secara signifikan mencapai 7.000 orang. Sebagai startUp bisnis, pendiri Indonesian Future Leaders ini mengaku masih perlu mengedukasi masyarakat mengenai manfaat yang diperolah dengan memiliki guru privat serta sosialisasi dari ruangguru.com itu sendiri.

Dengan inovasi dan pengembangan produk, menjaga kualitas guru, pemasaran yang intensif di berbagai platform serta menjadikan ruangguru.com seperti komunitas pendidikan yang terdiri dari guru, murid dan orang tua. Iman berharap rencana perluasan cakupan guru dan murid dengan menambah jumlah dan persebarannya dapat tercapai. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)