Sejumlah Startup Temukan Momentum Saat Pandemi

Bukan hal yang asing lagi bahwa pandemi telah mengakselerasi transformasi digital perusahaan-perusahaan. Bagi startup yang mengandalkan teknologi, transformasi digital adalah sebuah pilihan. Adopsi digital dalam rangkaian proses bisnis bukanlah opsi yang implementasinya bisa ditunda-tunda. Beberapa portfolio East Ventures, misalnya, yang mengadopsi layanan digital untuk survive di tengah pembatasan kegiatan akibat pandemi.

“Presiden Joko Widodo telah mendorong agar segala macam hambatan yang muncul akibat pandemi Covid-19 justru dimanfaatkan sebagai momentum dalam mempercepat transformasi digital. Teknologi adalah kunci untuk terpenting agar Indonesia lebih efisien dan produktif,” kata Co-Founder dan Managing Director East Ventures, Willson Cuaca.

Sekitar 2,5 juta merchant bergabung di Tokopedia sepanjang pandemi. Dari sisi edtech, Ruangguru telah digunakan oleh lebih dari 22 juta pelajar. Salah satu produk Ruangguru, kelas online gratis yang disediakan oleh startup tersebut selama pandemi, telah membantu sekitar 10 juta siswa dari seluruh Indonesia.

Traveloka, sebagaimana kita tahu sebagai startup yang bisnisnya berkutat pada travelling, bisa bangkit dari keterpurukan dengan fokus pada promosi destinasi turis domestik untuk mendukung industri  hotel dan pariwisata lokal.

Warung Pintar juga terus berekspansi untuk mendukung pemilik warung dan telah bermitra dengan 230.000 peritel di 65 kota. Platform logistik Waresix, yang kini mencakup 40.000 truk dan 375 gudang di sekitar 200 kota di seluruh Indonesia, membantu brand untuk mendistribusikan produk dengan efisien meskipun berhadapan dengan keterbatasan selama pandemi.

Dalam laporan Digital Competetiveness Index 2021 dengan tema Momentum Akselerasi Transformasi Ekonomi Digital yang dirilis oleh East Ventures dan Katadata Insight Center, pilar sumber daya manusia, perekonomian, kewirausahaan dan produktivitas, keuangan, serta regulasi dan kapasitas Pemda naik di kisaran 3-5 poin. Adapun pilar ketenagakerjaan naik 0.8 poin.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)